JAKARTA, Harnasnews.com– Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa melantik mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Kita semua mengharapkan agar LKPP terus meningkatkan kiprahnya dalam menghasilkan kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah utamanya keberpihakan terhadap industri nasional sehingga dapat mendorong industri lainnya,” kata Suharso di gedung Bappenas Jakarta seperti termuat di laman LKPP yang diakses di Jakarta pada Kamis.

Azwar Anas telah melalui 5 tahapan tes yaitu seleksi administrasi, rekam jejak, penulisan makalah,assessment cente, dan tes kesehatan sejak 9 November 2021.

Suharso juga berpesan agar LKPP dapat mengawal pembentukan Ibu Kota Negara baru dari segi pengadaan barang dan jasa pemerintah, kesiapan presidensi G20 maupun revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan ASEAN Summit.

Dikabarkan dari antara, Azwar Anas sendiri menjabat Bupati Banyuwangi periode 2010-2015 dan 2016-2021 serta pernah masuk ke bursa calon wakil gubernur Jawa Timur pendamping Saifullah Yusuf pada 2018, namun batal maju.

Azwar Anas termasuk tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) di Banyuwangi dan mendapat dukungan NU di daerah tersebut hingga menjadi bupati Banyuwangi periode pertama lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)