Menjadi Perlintasan, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota Telah Siapkan Skema Arus Lalin Arus Mudik 2023

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Sebagai daerah perlintasan jelang arus mudik 2023 kali ini, Kota Bekasi belum nampak kepadatan masyarakat yang hendak mudik menuju Jawa Barat maupun Jawa Tengah pada H-10.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Agung Pitoyo menenangkan kondisi arus lalulintas di sepanjang jalur mudik masih terpantau normal.

“Jadi peningkatan peningkatan volume kendaraan mungkin belum secara signifikan terlihat, tetapi volume volume kendaraan mungkin akan siginifikan terlihat pada saat H-4 atau H-3 lebaran mendatang. Kalau sekarang kita lihat masih tergolong landai ,” ujar AKBP Agung Pitoyo kepada media pada Senin (10/04/23).

Satlantas Polres Metro Bekasi Kota juga telah menyiapkan berbagai skema dan skenario arus lintas yang akan diberlakukan terutama pada perbatasan serta titik rawan macet.

“Skema lalin dalam hal ini masih mengacu pada tahun lalu untuk penutupan, pengalihan itu secara situasional dan pada saat arus mudik ini yang menjadi favorit di Sumber Arta ini akan langsung ke Sasak Jarang atau Tongyang. Namun perubahannya disini adalah di BCP itu kan biasanya ke kanan, sekarang sudah terbuka dan itu bisa terus,” imbuhnya.

Ada sebanyak 7 titik lokasi, lokasi tersebut antara lain yakni Sumber Arta, Harapan Indah, Depan Giant, Jatisampurna, Terminal Bekasi dan Stasiun Bekasi, Bulak Kapal.

Satlantas akan menerjunkan 2/3 kekuatan kita nanti akan di titik-titik yang telah ditentukan.

“Jadi dimana ada sebanyak 150 anggota, 2/3 Personel kita kerahkan di jalan,” katanya.

AKBP Agung Pitoyo juga memberikan saran kepada para masyarakat yang hendak melakukan mudik, untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat berbahaya. Ia lebih menyarankan untuk mudik menggunakan angkutan lebaran.

“Jangan terlalu banyak naik motor, apalagi ke tempat yang terlalu jauh sampai ke Jawa Timur maupun Tengah dan lain sebagainya. Karena kita melihat situasional lalin kan cukup padat, apalagi nanti waktu pas arus mudik lebaran,” kata Agung Pitoyo.

Solusi lainnya ialah dengan melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan yang biasanya terjadi pada H-7 lebaran.

“Lebih awal, lebih bagus dari waktu waktu sekarang ini untuk supaya tidak ada kepadatan,” pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.