Menjelang Satu Abad NU, Aliyadi Mustofa: NU Turut Andil Besar Dalam Kemerdekaan RI

SAMPANG, Harnasnes – Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Aliyadi Mustofa mengatakan, menjelang satu abad atau 100 tahun Nahdlatul Ulama (NU) yang jatuh pada 7 Februari 2023, organisasi Islam terbesar di Indonesia ini turut andil besar dalam kemerdekaan RI.

“Oleh karena itu warga NU harus bangga, karena sebentar lagi satu abad atau seratus tahun usia Nahdlatul Ulama. Kenapa, kita harus bangga karena NU salah satu organisasi yang turut andil besar dalam kemerdekaan RI,” ungkap Aliyadi dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023)

Selain turut andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI), NU dan Pondok Pesantren juga terus merawat Kebhinekaan di Indonesia. Salah satunya adalah bagaimana NU melestarikan tradisi bangsa yang baik, dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Menurut Aliyadi Mustofa, kontribusi NU kepada Bangsa dan Negara tidak diragukan lagi, oleh karena itu saya selaku Ketua DPRD Komisi B Jawa Timur terus mendesak Pemerintah, untuk segera mewujudkan gelar Pahlawan Nasional. Kepada Mbah Cholil Bin Abdul Latif Bangkalan, sebagai inisiator lahirnya ormas terbesar dunia ini,” tuturnya.

Aliyadi juga menambahkan, bahwa NU punya andil besar menjaga keutuhan bangsa. Terbukti banyak pihak yang bersikeras menggeser Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Akan tetapi NU, tetap berdiri tegak. Menyelami makna Pancasila, dan tetap meyakini betapa ideologi yang digagas pendiri bangsa ini dan terus mengakomodir semuanya. Serta penghayatan ini tertanam di dalam seluruh organisasi badan otonom NU,” imbuhnya.

Untuk itu, Aliyadi menegaskan, nilai-nilai kebangsaan ini diinternalisasikan oleh seluruh kader NU, dari pusat hingga ke desa-desa.

“NU berada di garda depan menjaga keutuhan negeri. Oleh Sebab itulah saya sebut, bahwa satu abad NU bukan sekadar catatan umur organisasi, tapi catatan sejarah, NU berkontribusi besar untuk kesatuan NKRI,” pungkasnya. (Anam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.