JAKARTA, Harnasnews – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan terus mengoptimalkan ekspor tekstil dan pakaian jadi dengan menghilangkan hambatan dagang melalui berbagai perjanjian dagang.

Indonesia sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan perundingan perjanjian kerja sama antara Indonesia dengan Uni Eropa (Indonesia-European Union CEPA) dan memanfaatkan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF).

“Indonesia sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan EU-CEPA sehingga diharapkan pasar akan lebih terbuka, sementara dalam pilar pertama IPEF, negara-negara anggota membahas fasilitas perdagangan. Pemerintah berharap hambatan di negara-negara itu bisa dikurangi,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Senin.

Menurutnya saat ini Indonesia bersiap masuk ke rantai pasok global untuk memproduksi critical mineral atau critical parts, yang dapat digunakan untuk semikonduktor.

Pasalnya, pada awal pandemi COVID-19 dua tahun lalu, rantai pasok global, termasuk rantai pasok mineral penting yang sangat bergantung pada Tiongkok, langsung terpukul hebat saat negeri tersebut melakukan penutupan perdagangan.