JAKARTA, Harnasnews.com  – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mengatakan telah menghubungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk pembangunan pemusatan latihan bagi para atlet disabilitas.

“Saya ketemu Menteri PUPR karena yang membangun itu kan harus menteri PUPR, bukan kami, semua fasilitas sarana olahraga fisik itu ada di Kementerian PUPR dan beliau sudah setuju, dan dianggarkan untuk anggaran 2022 ini,” ujar Zainudin dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Senin.

Pembangunan pemusatan pelatihan bagi atlet disabilitas Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC) itu merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo, yang disampaikan usai menyambut para atlet disabilitas yang kembali dari Paralimpiade Tokyo di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

“Pada saat itu langsung pak presiden memerintahkan kepada saya supaya mereka dibangunkan satu training center, tempat pemusatan latihan yang semua mereka akan berkumpul di situ,” kata Zainudin, dikutip dari antara.

Pemusatan latihan tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, termasuk dokter, ahli gizi dan psikolog. “Lengkap persis yang akan kami bangun di Cibubur untuk para atlet-atlet Olimpian atau Olimpiade kita, tapi ini tempatnya di Jawa Tengah,” kata Menpora.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menetapkan Cibubur, Jakarta, sebagai lokasi pembangunan pemusatan latihan bagi atlet non-disabilitas.