JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif hari ini menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2022 yang akan dialokasikan untuk 12 unit organisasi dan 32 satuan kerja.

“Kementerian ESDM mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp5,89 triliun. Alokasi anggaran tersebut sebagian besar dialokasikan untuk kegiatan prioritas nasional dan kegiatan dalam rangka penguatan akses energi bagi masyarakat,” kata Arifin di Jakarta, Senin.

Kegiatan prioritas nasional dan penguatan akses energi bagi masyarakat, antara lain jaringan transmisi gas bumi Cirebon-Semarang, jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga, dan converter kit bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk nelayan dan petani.

Kemudian, penerangan jalan umum-tenaga surya, revitalisasi pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, dan bantuan pasang baru listrik bagi masyarakat tidak mampu.

Pelaksanaan anggaran tahun depan diharapkan dapat lebih baik dari tahun ini, di antaranya dapat digambarkan dengan serapan anggaran yang terdistribusi lebih merata sepanjang tahun yang diikuti dengan realisasi anggaran yang tidak menumpuk di akhir tahun.

Arifin menyampaikan berkaca dari evaluasi pelaksanaan anggaran tahun ini per 19 Desember 2021, masih terdapat Rp534 miliar yang perlu direalisasikan dan masih terdapat delapan paket pekerjaan yang progres fisiknya berkisar di 0-25 persen, sementara waktu pelaksanaan anggaran sudah tinggal menghitung hari.

“Diharapkan hal-hal semacam ini tidak terulang kembali di tahun mendatang,” ucapnya, dikutip dari antara.