Minimalisir Kecurangan, Disdik Bogor Bakal Verifikasi Ratusan PKBM

BOGOR, Harnasnews – Untuk minimalisir adanya kecurangan dalam program Kejar Paket, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor bakal memverifikasi 166 lembaga Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang ada diwilayahnya.

“InsyaAllah bulan Juni kita akan melakukan verifikasi dan validasi ke 166 PKBM yang tersebar di 40 kecamatan,” jelas Kasie Peserta Didik PAUD dan Dikmas Disdik Kabupaten Bogor, Siswanto, Senin (22/5/2023).

Kata dia, berdasarkan pasal 62 Permendikbud Nomor 63 Tahun 2022 bahwa pemerintah daerah wajib melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga PKBM yang dikelola masyarakat.

“Kita sudah melayangkan surat edaran ke semua lembaga PKBM agar segera mempersiapkan dokumen yang telah tertuang dalam instrumen lembar verifikasi administrasi pendidikan”, terangnya.

Siswanto menegaskan, bahwa pihaknya dalam melakukan verifikasi dan pengawasan kepada lembaga PKBM terkait pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) atau Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi diminta para pengelola PKBM segera persiapkan data peserta didik yang telah di input ke Dapodik,” bebernya.

Siswanto menegaskan, verifikasi ini bertujuan agar dapat meminimalisir adanya indikasi kecurangan dalam program kejar paket.

“Dimisalkan ada peserta didik yang tidak memiliki ijasah SD tapi malah mengambil kejar paket B. Hal itu merupakan pelanggaran yang menyalahi aturan, dan jika ada PKBM yang melakukan pihak Disdik akan memberi sanksi yang berlaku,” tegasnya. (ded)

Leave A Reply

Your email address will not be published.