MTI: Tol MLFF Berbasis GNSS Buat Transaksi Lebih Cepat dan Presisi

JAKARTA, Harnasnews.com – Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI menilai penerapan sistem transaksi tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) berbasis sistem navigasi satelit (Global Navigation Satellite System/GNSS) akan membuat transaksi tol lebih cepat dan presisi.

“Dengan menggunakan perangkat smartphone maka pengguna jalan tol akan tidak perlu lagi dipungut biaya tambahan, jadi sifat ekonomisnya jelas karena kecepatan untuk menarik pembayaran jauh lebih cepat dan presisi,” ujar Ketua Bidang Implementasi IPTEK Transportasi MTI Syafri Yuzal saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Menurut Yuzal, bisnis jalan tol itu adalah electronic toll collection atau ETC, bagaimana menarik atau mengumpulkan pendapatan dari transaksi yang terjadi.

Kalau melihat zaman dulu saat transaksi tol masih menggunakan uang tunai, kendaraan yang masuk gerbang tol menghadapi antrean yang sangat panjang sehingga menimbulkan polusi, menghabiskan BBM dan membuang-buang energi.

Lalu diganti sistem transaksi tunai di jalan tol dengan yang namanya sistem sentuh atau tap and go yang menggunakan kartu e-toll.

Nantinya ketika sistem transaksi tol beralih kepada sistem tol nirsentuh berbasis GNSS ini, maka tidak akan ada lagi yang namanya gerbang tol sehingga kendaraan yang melintasi jalan tol tinggal jalan saja dan pembayaran akan terjadi secara otomatis melalui perangkat seperti smartphone, onboard unit dan/atau tiket perjalanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.