Musrenbang Solusi Aspirasi Warga Dalam Pembangunan

PRINGSEWU, Harnasnews –
Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang dikenal dengan Musrenbang merupakan suatu forum sosial yang melibatkan masyarakat, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat dalam merencanakan pembangunan yang akan dilaksanakan.

Dalam Musrenbang, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan harapan mereka terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan. Pada musrenbang yang digelar di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, menjadi sebuah contoh yang baik dalam pelaksanaan Musrenbang.

Musrenbang pekon Wonodadi dihadiri oleh Sekretaris Camat, Kuncoro, Penjabat Kepala Pekon, Marwoto, BHP, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Kader Desa, tokoh masyarakat digelar di balai pekon setempat, Selasa (28/11/2023).

Penjabat Kepala Pekon Wonodadi, Marwoto mengatakan Musrenbang ini menyerap aspirasi dan harapan masyarakat dalam pembangunan.

“Pembangunan yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan prioritas pembangunan sesuai dengan Permendes No 7 tahun 2023 dan UU yang berlaku,” ujarnya.

Pekon Wonodadi melaksanakan Musrenbang dengan presensi masyarakat yang sangat besar dan hadir antusias dalam memberikan aspirasi dan harapan mereka terhadap pembangunan di wilayah mereka.

Forum ini memberikan kesempatan untuk masyarakat menyampaikan aspirasi mereka terhadap kondisi lingkungan, infrastruktur serta aspirasi lain terkait kehidupan mereka. Keterlibatan masyarakat dalam Musrenbang sangatlah penting untuk memastikan bahwa rencana pembangunan yang dibuat pemerintah benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Partisipasi dari masyarakat pada Musrenbang menjadi penting karena memberikan kontribusi aktif untuk mendefinisikan kembali bagaimana kebijakan pembangunan dapat dijalankan secara efektif, tepat guna, dan inklusif. Masyarakat yang ikut aktif dalam Musrenbang akan memberikan ide atau saran dalam rencana pembangunan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah dan menciptakan kesempatan baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pemerintah daerah sebagai pelaksana pembangunan dapat berpartisipasi dan mengambil informasi dari masyarakat yang disampaikan melalui Musrenbang dalam merumuskan program pembangunan yang efektif.

Musrenbang yang dilaksanakan oleh Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu menjadi acara yang sangat penting dalam menyatukan pandangan dan perspektif masyarakat dan pemerintahan yang bisa menjadi awal yang baik untuk melaksanakan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Diharapkan, forum seperti ini dapat terus dilaksanakan di berbagai daerah dan lebih lagi dijadikan bagian dari budaya partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan yang lebih baik dan lebih inklusif. (Ben)

Leave A Reply

Your email address will not be published.