Cuaca Ektrims, Para Nelayan di Sampang Terpaksa Tidak Melaut

SAMPANG, Harnasnews.com – Curah hujan tinggi disertaI angin kencang membuat nelayan di Dusun Berek Leke Desa Gulbung banyak yang tidak melaut karena ekstrimnya cuaca.

Zemmil, salah seorang nelayan menuturkan bahwa sekarang ini para nelayan perahunya bersandar. Hal ini karena mereka mengkhawtirkan cuaca sangat ekstrim. Sebab dalam beberapa pekan belakangan ini hujan dan angin kencang kerap terjadi di perairan selat Madura itu. Sehingga sangat beresiko bagi keselamatan nelayan. Selain itu, jika dipaksa melaut. dan hasil tangkapan ikan pun juga tidak maksimal.

“Para neyalan memilih untuk melakukan perbaikan terhadap beberapa armada perahu yang rusak, hal itu yang kemudian akan berdampak terhadap putaran ekonomi masyarakat nelayan. Jika cuaca terus ekstrim maka para nelayan di dusun ini terasa tercekik oleh kebututuhan pangan,” tandasnya.

Zamil memprediksi, awal tahun depan atau tepatnya bulan Januari diperkirakan cuaca kembali normal. Dia pun berharap nelayan mulai bisa melaut menangkap ikan dengan tenang dan nyaman.

Sekedar di ketahui bahwa melaut adalah salah satu mata pencaharian bagi masyarakat di Dusun Berek Leke Desa Gulbung Kecamatan Pengarangan, Kabupaten Sampang Kepulauan Madura Jawa Timur.
(Mohdy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.