Nasor Sangat Mendukung Lomba KRPL Pemkab Pasuruan

Pasuruan,Harnasnews.com – Dalam pengembangan kreatifitas warganya Nasor selaku Kades (Kepala Desa) mangguan, kecamatan Paserpan, Kabupaten Pasuruan mengikut sertakan desa nya dalam lomba KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang di adakan oleh Pemkab Pasuruan.

Ini bertujuan agar warganya lebih berantusias untuk meningkatkan SDM warganya melalui PKK, dan di samping itu bertujuan agar masyarakat lebih memanfaatkan lahan kosong di sekitaran rumahnya.

Dalam lomba KRPL ini ada beberapa yang di nilai, di antaranya:

1. Kesinambungan, ini tentang ketahanan pangan yang bersifat individu dan hasil dari bercocok tanam

2. Pemanfaatan kompos sebagai pupuk dan tidak boleh menggunakan pupuk buatan, ini demi pemanfaatan limbah ternak dan limbah rumah tangga.

3. Administrasi di karenakan dalam lomba ini melibatlan PKK.

4. Hasil olahan pangan KRPL.

Dalam dari penilaian yang akan di ambil oleh tim penilai jelas terlihat ingin memandirikan warga dalam ketahanan pangan.

Tim penilai KRPL yang turun di lokasi pada hari senin 01/04/2019 pada pukul 12.00 WIB terdiri dari Dinas Perternakan dan Ketahanan Pangan, Pokja III PKK Kabupaten Pasuruan, dan Dinas pertanian.

Ririn Khuswati selaku ketua tim penilai saat di  mintai keterangan mengatakan, “dengan adanya KRPL ini bisa memotivasi masyarakat untuk lebih memanfaatkan lahan kosonh di sekitaran rumah untuk bercocok tanam dan bisa memajukan UMKM di wilayah dengan produk hasil olahan sendiri.”

“Ada yang sangat inovatif di desa mangguan ini di karenakan dengan adanya Tape Pisang, ini sangat unik di karenakan biasanya tape terbuat dari singkong namun di sini terbuat dari pisang, inovasi ini harus terus di kembangkan.” Pungkasnya.

Dalam acara penilaian di hadiri juga perwakilan dari kecamatan Paserpan, dan juga di dampingi terus oleh Nasor selaku Kepala desa.

Saat beraudiensi dengan Nasor beliau menyampaikan, “mungkin dengan sering di ikutkan lomba yang di adakan Pemkab Pasuruan bisa menambah spirit bagi warganya dan agar lebih memotifasi warga dalam bidang pertanian.”

“Untuk itu nasor akan terus mendukung warganya agar bisa lebih memajukan desa dari segi pertanian yang akan meningkatkan SDM dan perekonomian warga.” Pungkasnya. (Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.