Otsus Papua Harus Diikuti Dengan Pemangkasan Birokrasi

JAKARTA, Harnasnews.com – Pembahasan revisi UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua (Otsus Papua) yang saat ini sedang berproses di DPR RI terkait dengan peningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di ujung timur Indonesia itu menyedot perhatian publik.

Di mana berbagai pandangan dan  masukan terwacana di ruang publik. Namun, masih belum mengemuka secara kritis tentang efektivitas pelaksanaan Otsus Papua di lapangan yang disebabkan oleh rentang birokrasi yang masih harus dilalui, termasuk kucuran dana dan percepatan implementasi program yang menyentuh langsung kesejahteraan rakyat di Papua.

Komunikolog dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai, semangat UU Otsus Papua, antara lain memotong mata rantai birokrasi dalam rangka percepatan pembangunan semua sektor di seluruh wilayah Papua agar dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh wilayah Papua sebagai bukti nyata perhatian serius dari negara.

Karena itu, kata Emrus, salah satu yang harus dilakukan pada pembahasan revisi UU agar Otsus Papua lebih berhasil ke depan, “pangkas” mata rantai rentang birokrasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.