Pandemi Covid 19, BPPKAD Sumenep Genjot Perolehan PBB

SUMENEP,Harnasnews.com – Ditengah maraknya pandemi Covid 19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep,melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), terus melakukan himbauan kepada para wajib pajak,untuk segera membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sesuai waktu yang telah ditentukan.

Mengingat banyaknya para pelaku usaha yang lebih memilih menutup usaha mereka ditengah pandemi,seperti perhotelan dan restoran,serta kebijakan larangan pariwisata otomatis berdampak signifikan terhadap perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumenep di sektor pajak.

BPPKAD Sumenep,melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Penagihan, Suhermanto, mengatakan bahwa, hanya PBB yang bisa dijadikan salah satu sumber PAD,”Untuk kondisi seperti saat ini, sementara perolehan dari PBB yang bisa kami harapkan,oleh karena itu kami himbau masyarakat untuk segera melunasi tunggakan pajaknya,selagi masih berlaku pemutihan bebas denda,” kata Suhermanto beberapa waktu lalu.

Menurutnya BPPKAD sudah melakukan upaya untuk menggenjot perolehan PBB,diantaranya dengan cara mendorong pemerintah desa untuk aktiv memungut PBB dari para wajib pajak,”Kami sudah mendatangi kecamatan-kecamatan untuk melakukan evaluasi dengan kepala desa serta mendorong aparatur desa untuk lebih aktiv dalam memungut pajak” terangnya.

Diketahui bersama,akibat dampak pandemi Covid 19,target PAD Kabupaten Sumenep mengalami penyusutan dari target awal Rp 266,79 milyar turun menjadi Rp 240,64 milyar.(HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.