Pembatalan Haji Dinilai Akan Berdampak Serius Terhadap Banyak Sektor

Kementerian Agama diuji pernyataannya. Beberapa hari lalu, Menag menyatakan, dana haji aman. Jika memang aman, Menag bisa keluarkan instruksi kepada BPKH untuk mengurus hal administrasinya bagi para calhaj yang ingin menarik dananya.

“Memang, sangat kecil kemungkinannya bagi calhaj untuk mengurungkan niat keberangkatannya, apalagi sudah menanti sekian tahun lamanya dan menilai menjalankan ibadah haji merupakan impiannya. Karena itu, sangat kecil pula kemungkinannya mereka menarik dananya. Namun demikian, kemungkinan yang sangat kecil itu bisa berubah menjadi sangat mungkin,” unngkap Agus.

Oleh karena itu Agus mengingatkan pemeintah tidak bermain-main dengan dana haji yang dimliki oleh umat Islam yang mayoritas di negeri ini.

Meski mereka di antara calhoj tak peduli politik, tapi manakala hak-hak dasarnya dikelabui, mereka bisa menuntut hak dasarnya.

“Ketika tetap diabaikan, maka emosioanlitasnya sangat membahayakan bagi keberlanjutan memerintahan suatu negara, meski instrumen yang dimainkan hanyalah menarik dana pribadinya,” ucapnya.

Karena itu, kata Agus, sudah saatnya pemerintah menghentikan adegan destruktifnya terhadap umat, yang selama ini diperlakukan tidak adil. Bentuknya? Menjauhkan diri dari praktik kekuasaan diskriminatif nan dzalim, dalam kaitan hukum, politik. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.