Pembekalan Kepada Mahasiswa Matrikulasi STTAL TA.2020.

Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil.

Surabaya,Harnasnews.com – Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebagai Lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan di TNI Angkatan Laut, mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pendidikan yang dipersyaratkan bagi sekolah tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keangkatanlautan.

Oleh karena itu, STTAL berperan serta aktif dalam mendidik dan mencetak sumber daya manusia unggul bagi TNI-AL, TNI dan negara. Hal ini sebagai wujud nyata peran STTAL dalam kebijakan investasi pertahanan yang digulirkan oleh pemerintah.

Sejak berdirinya pada tahun 1966, STTAL sampai dengan saat ini telah meluluskan 94 Magister, 1518 Sarjana dan 436 Diploma. Selain sumber daya manusia berupa mahasiswa unggulan, STTAL juga memiliki sejumlah dosen yang berkualifikasi unggul.

Tercatat sampai dengan bulan Oktober tahun 2020, dosen yang dimiliki STTAL berjumlah 62 orang (dengan NIDN) dan 15 diantaranya memiliki kualifikasi Doktor. Diantara 62 orang dosen tersebut, 38 orang telah tersertifikasi.

Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. memberikan Pembekalan kepada 103 Mahasiswa Matrikulasi STTAL yang terdiri dari 15 Mahasiswa Prodi S2 Angkatan 8 dan 50 Mahasiswa S1 Angkatan 41 serta 38 Mahasiswa D3 Angkatan 16, yang dilaksanakan secara langsung di Auditorium Gedung Marore Lantai II Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya yang juga dihadiri oleh Wakil Komandan STTAL, Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T dan Pejabat Distribusi A , Para Kadep, Pjs. Komandan Korsis dan Para Kaprodi STTAL serta kegiatan Pembekalan ini tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19. Kamis (05/11/2020).

Dalam pembekalannya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. memaparkan tentang Pendidikan bagi generasi muda ini sangat penting, apalagi jika kita melihat bagaimana teknologi telah berkembang dengan sangat pesat pada beberapa dekade terakhir.

Sebagai contoh pada alutsista kita, terutama pada satuan kapal eskorta, dimana teknologi yang ada pada kapal Sigma (baik 9113 maupun 10513) dan MRLF sudah sangat berbeda dengan kelas kapal sebelumnya (kelas Fatahillah).

Pada kapal kelas Fatahillah, teknologi yang digunakan adalah teknologi generasi pertama dan kedua. Pada teknologi generasi ini, teknologi sewaco dan platformnya masih terkendali secara terpisah serta mempunyai sistem kontrol yang mayoritas masih menggunakan teknologi tabung vakum dan transistor dengan karakter instalasi komponen yang terbuka dan bloknya digabung menjadi satu.

Jika kita cermati, teknologi yang terpasang pada kapal-kapal kelas Sigma dan MRLF adalah teknologi generasi ketiga dan keempat dimana sistem kendali kapal terpasang secara terintegrasi, baik pada sistem sewaco maupun sistem platformnya. Berkat penggunaan microprocessor dan integrated circuit, blok-blok yang digunakan menjadi lebih efisien sehingga pemanfaatan ruang menjadi lebih optimal.

Pada saat ini kita juga dihadapkan pada tantangan tren teknologi kemaritiman global (Global Marine Technology Trends) pada tahun 2030, dimana Revolusi Industri 4.0 telah menciptakan teknologi-teknologi baru yang mutakhir, terutama dalam bidang pertahanan.

Seperti disampaikan oleh Lloyd Register, Qinetiq dan University of Southhampton, tren teknologi kemaritiman global pada tahun 2030 ini akan mempunyai fokus terhadap 8 teknologi kunci, yaitu:

a. Advanced Materials, dimana penciptaan dan penggunaan material-material baru dapat meningkatkan keandalan, mengurangi waktu perawatan/perbaikan, serta biaya operasional yang rendah.

b. Advanced Manufacturing, dengan penggunaan 3D printing yang makin berkembang serta tingkat presisi yang jauh lebih baik.

c. Energy Management, dengan kesadaran yang meningkat akan pentingnya penggunaan energi terbarukan maka penggunaan energi fosil akan dikesampingkan demi meningkatkan kualitas udara dan kelestarian alam.

d. Autonomous System, yang akan memberikan keuntungan berupa resiko dan biaya
operasional yang rendah, tetapi memiliki keandalan yang tinggi.

e. Big Data Analytics, Penguasaan informasi menjadi kunci dan faktor penentu, sehingga siapa saja yang mempunyai informasi akan bisa menentukan Langkah dengan lebih tepat. Oleh karena itu, pengembangan teknologi memori dan penyimpanan, beserta dengan analisisnya akan menjadi factor krusial.

f. Cyber & Electronic Warfare, karena perkembangan teknologi dan pergeseran pola pikir akan merubah taktik perang di masa depan. Kemungkinan terjadinya perang konvensional dengan bertatap muka akan menjadi sangat kecil di masa depan, digantikan dengan perang teknologi, informasi, dan ekonomi.

g. Human Computer Interaction, karena perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang sangat pesat akan merubah wajah dunia dan pergeseran interaksi antara manusia dan mesin.

h. Human Augmentation, dimana perkembangan teknologi di masa yang akan datang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas manusia, terciptanya terintegritas antara mesin dan badan manusia, sehingga kemampuan panca indera, kekuatan otot, bahkan otak bisa ditingkatkan.

Untuk menguasai teknologi-teknologi tersebut, maka kita semua harus mempersiapkan dan mengisi diri sendiri agar tidak tertinggal. Oleh karena itu, mahasiswa STTAL harus familiar dan tidak apatis dengan perkembangan teknologi yang ada di sekitarnya, baik dalam lingkup regional maupun global.

Dan Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang mendapatkan begitu antusiasme dari Mahasiswa Matrikulasi dalam merespon paparan yang disampaikan oleh Komandan STTAL TA.2020.(Man/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.