Pemda Geber Antisipasi Kekeringan di Jakarta

JAKARTA,Harnasnews.com – Pemda terus melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap penanganan sejumlah kemungkinan yang berdampak pada kekeringan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini, menyebut ada dua titik lokasi yang merupakan rawan akan kekeringan. Dua lokasi itu adalah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Kalau di Jakarta Barat itu ada tiga kecamatan, Kalideres, Cengkareng, sama Kembangan. Lalu, Jakarta Utara di Cilincing, Penjaringan, Pademangan, dan Koja. Wilayah itu saja yang kelihatan agak merah,” ujar Juaini, Senin (26/8).

Juaini mengatakan Dinas SDA akan melakukan rapat dengan PD PAM Jaya untuk mengantisipasi kekeringan di Jakarta. Dia mengatakan SDA dan PAM Jaya kerja sama untuk mengantisipasi kekeringan. “Kami bekerjasama dengan PD PAM untuk menyalurkan air bersih di lokasi rawan kekeringan,” ucapnya.

Dia menjelaskan teknis kerja sama itu seperti PAM Jaya akan membagikan air-air ke lokasi kekeringan. Sementara, Pemprov akan memetakan dimana saja daerah yang kekeringan dan memerlukam air bersih.

“Kami kerja sama dengan PD PAM, nanti akan menyiapkan depo-depo air bersih itu di lokasi yang kering itu, melalui tangki dan mobil-mobil yang keliling nanti nyamperin ke lokasi-lokasi kekurangan air,” ucapnya.

Juaini pun mengharapkan agar masyarakat ibukota bisa melakukan penghematan terhadap pemakaian air. “Kita menghimbau agar masyarakat menggunakan air sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.