Pemda Sumbawa Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews – Dalam rangka menyambut tamu mancanegara yang akan datang ke Sumbawa menikmati keindahan alam maupun menyaksikan gelaran Motor Cross Grand Prix (MXGP) SAMOTA serta keberlangsungan pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Rafflesia dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar kegiatan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Tahun 2022 bagi pelaku pariwisata, hotel, dan guide.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin, di Aula Hotel Grand Samota, Sumbawa Besar, Senin (20/06/2022).

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya, sangat mengapresiasi PSKK terhadap pelaku dibidang pariwisata, hotel, dan guide ini, seraya berharap, dapat mendukung suksesnya event “MXGP Samota 2022”

“Sertifikasi ini sangat baik dan pastinya akan sangat berguna, tentunya dengan harapan akan mampu memberikan multiplier effect mulai dari ekonomi, pariwisata, olahraga, hingga re-branding Kabupaten Sumbawa,” ujar Bupati.

Lanjut Bupati, dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean, salah satu tantangan Indonesia adalah pembenahan SDM pemandu wisata melalui sertifikasi.

Para pemandu wisata harus memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) kepemanduan wisata (tour guide), sebab di mata wisatawan mancanegara, pemandu wisata adalah sosok yang menjadi representasi atas suatu negara, jelasnya.

Bupati berharap, para pemandu wisata yang mengikuti sertifikasi kompetensi kali ini dinyatakan lulus, sehingga siap menyambut dan mendampingi wisatawan pada event MXGP, yang tinggal menghitung hari ini. “Mari bersama-sama kita sukseskan MXGP Samota 2022”, pungkasnya.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.