JAKARTA, Harnasnews – Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda menyampaikan pendirian dana perantara keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF) akan bermanfaat bagi Indonesia dalam pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons terhadap pandemi.

“Dengan pendanaan yang memadai dan memfokuskan penggunaan FIF dengan benar, dapat bermanfaat untuk meningkatkan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi di Tanah Air,” ujar Maudy dalam keterangan pers yang disaksikan secara daring di Jakarta, Kamis.

Dengan pendirian FIF, dia berharap Indonesia dapat mewariskan sistem kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi generasi penerus.

Terkait dengan pendirian FIF, Maudy menjelaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia memprioritaskan agenda kesehatan global dan komitmen untuk memberikan hasil nyata yang berkontribusi pada proposal pendirian FIF untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons terhadap pandemi.

Mekanisme FIF ini telah disepakati dalam The Joint Finance and Healths Minister Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2022.