Pemerintah Luncurkan NED, Genjot Ekspor Indonesia

JAKARTA, Harnasnews.com – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Lembaga National Single Window (LNSW) membangun portal dashboard data terintegrasi bernama National Export Dashboard (NED).

NED ini nantinya dapat diakses para pelaku usaha maupun seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem ekspor. Hanya saja untuk saat ini baru bisa diakses di kantor LPEI Jakarta dan Surakarta. Tetapi akan terus dikembangkan agar bisa dijangkau para pelaku usaha dari berbagai wilayah.

“Saat ini NED baru bisa diakses di kantor LPEI Jakarta dan Surakarta, tetapi kedepannya kami akan terus melakukan improvement dari sisi substansi maupun infrastruktur agar lebih mudah diakses,” kata Direktur Pelaksana III, Agus Windiarto, Jakarta, Sabtu (23/10).

Aplikasi NED ini bisa digunakan untuk mengetahui data maupun informasi suatu produk berdasarkan kode harmonized system (HS Code) serta tingkat risiko kawasan dan negara tujuan ekspor. Bahkan negara asal impor untuk suatu produk baik secara nilai maupun volumenya, pelaku usaha dan perijinan bisa diakses melalui NED.

Leave A Reply

Your email address will not be published.