Pilpres 2024 Diprediksi jadi Ajang Pertarungan Airlangga, Prabowo, dan Anies

JAKARTA, Harnasnews.com – Tiga partai besar diprediksi bertarung dalam Pilpres 2024. Ketiga partai itu PDIP, Golkar, dan Gerindra. Ketiganya diprediksi akan mengusung kadernya di Pilpres.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai dengan prediksi tersebut, Pilpres 2024 bakal memunculkan 3 pasangan calon.

“Ada tiga calon, Airlangga dengan pasangannya, Prabowo besar kemungkinan dengan Puan Maharani, satu lagi pasangan Anies Baswedan,” ujar Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya, Sabtu (23/10/2021).

Dia menambahkan, perkiraan itu terlihat dari wacana belakangan ini. PDIP sebagai pemenang Pileg 2019 terlihat mempersiapkan Puan Maharani sebagai capres. Golkar mulai ngotot mengusung Airlangga Hartarto. Sementara Gerindra tampaknya sudah sepakat akan mengusung Prabowo Subianto.

Dikabarkan dari merdeka, Jamiluddin menjelaskan, PDIP-Gerindra cukup untuk mengusung pasangan capres dan cawapres. Sementara Golkar butuh satu atau dua mitra berkoalisi dengan satu partai menengah untuk mengusung kadernya menjadi capres.

“Ada kemungkinan Puan akan dijadikan cawapres berpasangan dengan Prabowo sebagai capres. Kemungkinan ini semakin besar karena ada kedekatan hubungan antara Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo,” jelasnya.

Selain itu, ada rumor bahwa Megawati dan Prabowo akan berkoalisi pada 2024 bila Prabowo mau masuk kabinet Jokowi. Kesepakatan itu akan mengusung Prabowo dan Puan dalam pilpres 2024.

Leave A Reply

Your email address will not be published.