Pemerintah Tuntaskan Revitalisasi Pembangunan Pelabuhan Perikanan Jayanti, Cianjur

CIANJUR ,Harnasnews.Com  – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikananan Tangkap (DJPT) berkomitmen untuk senantiasa melakukan pembangunan dan memberikan bantuan yang bermanfaat bagi nelayan. Salah satunya melalui revitalisasi pembangunan Pelabuhan Perikanan (PP) Jayanti di Cianjur, Jawa Barat.

Program revitalisasi di PP Jayanti tersebut berupa peninggian revetment (talud), rehab landing stair serta pembangunan sedimen trap. Seperti diketahui, pembangunan sedimen trap ini bertujuan untuk mencegah sedimentasi di area kolam pelabuhan, sehingga kapal perikanan secara aman dapat masuk dan bersandar dengan lebih mudah.

Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono yang didampingi Kepala Sub Direktorat Pangkalan Pendaratan Ikan DJPT KKP Didit Eko Setiawan saat melakukan peninjauan di PP Jayanti (3/5), menjelaskan program bantuan pemerintah ini dibangun berdasarkan hasil kajian konsultan perencana dan tim teknis dari Direktorat Pelabuhan Perikanan, DJPT KKP.

“Kita akan terus dorong KKP untuk terus menyempurnakan pembangunan di PP Jayanti agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat nelayan,” ujarnya saat berdialog dengan nelayan setempat di balai pertemuan nelayan PP Jayanti.

Pada kesempatan tersebut Didit menyampaikan PP Jayanti merupakan salah satu pelabuhan yang telah masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional (RIPPN) sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 6/KEPMEN-KP/2018. RIPPN ini merupakan acuan bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk dapat menunjang aktivitas perikanan sesuai dengan wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI).

Leave A Reply

Your email address will not be published.