Pemerintah Tuntaskan Revitalisasi Pembangunan Pelabuhan Perikanan Jayanti, Cianjur

“Tentu PP jayanti ini akan menjadi perhatian pemerintah untuk kita dorong keaktifannya dan menjadi pusat perikanan tangkap di Kabupaten Cianjur. Apalagi di daerah Cianjur ini ada 3 kecamatan pesisir yang mayoritas masyarakatnya adalah nelayan,” imbuh Didit

Di kesempatan yang sama, dialog dengan nelayan juga dilakukan untuk menjaring aspirasi dari masyarakat. Dalam dialog tersebut, nelayan mengutarakan keinginannya untuk mendapatkan bantuan pemerintah berupa kapal perikanan, alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan.

“Bantuan pemerintah dapat diusulkan oleh koperasi nelayan yang berbadan hukum ke Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, setelah itu dapat diajukan kepada kami atau KKP. Selama ini Komisi IV DPRRI bersama pemerintah melalui KKP terus bahu membahu untuk menyusun dan melaksanakan program dan anggaran yang langsung bersentuhan dengan pelaku utama yaitu nelayan,” papar Ono, politisi PDIP Perjuangan asal Indramayu tersebut.

Sementara itu, Direktur Pelabuhan Perikanan Frits P Lesnussa yang ditemui di kantornya Jakarta mengatakan, revitalisasi pembangunan PP Jayanti sudah selesai pada tahun 2017. Tindak lanjut dari pemeliharaan kolam pelabuhan akan terus dilakukan untuk menghindari sedimentasi.

“Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mengelola pelabuhan perikanan di seluruh Indonesia sesuai dengan kaidah dan peraturan yang berlaku. Program pembangunan yang kita jalankan ini tentunya tidak hanya untuk operasional di kawasan pelabuhan perikanan saja, tetapi pada akhirnya yang pasti harus kita wujudkan adalah kesejahteraan nelayan dan keberlanjutan sumber daya ikan. Oleh karena itu, sangat pas sekali kampanye kita dengan semboyan ‘Ikan Lestari Nelayan Berseri’,” pungkasnya.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.