Pemimpin Harus Mampu Menjawab Harapan Rakyatnya

SUMBAWA,Harnasnews.com – Seorang Pemimpin harus mampu untuk menjawab harapan bagi rakyatnya. Demikian dikatakan oleh ketua koordinator relawan pemenanangan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Sumbawa H. Syarafuddin Jarot – H. Mokhlis ( Jarot – Mokhlis), Andi Rusni,SE,MM dalam orasi politiknya yang disampaikan di dusun Ngali Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape, Sumbawa .

Menurutnya, ada tiga sifat pemimpin yang harus dimiliki yakni, peka dengan kesulitan yang duhadapi oleh rakyatnya. Yakni tunjukan dengan berempati dan simpati kepada pihak yang kurang beruntung.

“Pemimpin secara kejiwaan harus memiliki empati dan merasakan kesulitan orang lain, karena empati dengan sendirinya mendorong simpati yaitu dukungan baik moral maupun material dan mengurangi derita orang yang mengalami kesulitan,”ungkapnya 26/11).

Lanjutnya, sifat pemimpin yang lain adalah memiliki semangat yang menggebu- gebu agar rakyat mengalami kemajuan. Tugas pemimpin antara lain menumbuhkan sebuah harapan menuju cita- cita. Karenanya dibutuhkan pemimpin yang tegas agar tercapai kemajuan itu.

Namun demikian, salah satu kriteria sifat pemimpin umat adalah menyayangi rakyatnya dalam kontek keindonesiaan, kita berharap di Kabupaten Sumbawa ini hadirnya pemimpin yang memiliki kepekaan atas kesulitan masyarakatnya, yang berkeinginan agar rakyatnya aman sentosa serta memiliki sifat kasih sayang. Kita juga berharap pemimpin yang terpilih di Kabupaten Sumbawa adalah pemimpin yang memiliki visi besar, berfikir besar dan berjiwa besar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.