Pengamat: Transportasi Publik Harus Diselamatkan Di Masa Pandemi

JAKARTA, Harnasnews.com – Pengamat kebijakan transportasi Bambang Istianto menilai Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 ternyata melumpuhkan sektor ekonomi.
Di antaranya adalah sarana transportasi publik.

Menurut Bambang, sebagai barang publik pemerintah wajib menyelamatkan transportasi publik yang sudah kolaps selama pandemi Covid 19 yang memasuki tahun kedua ini.

Bambang mengatakan, keberlangsungan hidup transportasi publik tidak lepas peran sektor swasta sebagai operator dan pemerintah yang mengelola barang publik dan masyarakat sebagai pengguna.

Direktur eksekutif center for public policy studies (CPPS) Indonesia itu juga mengatakan,
kehidupan ekonomi akan bangkit jika dunia transportasi publik kembali hidup normal.

“Saat ini dengan kebijakan PPKM yang diperpanjang semakin menenggelamkan dunia transportasi. Para pengusaha sudah tidak saja menjerit tetapi telah berdarah-darah menyelamatkan transportasi publik tetap bisa eksis,” kata Bambang dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Banyak pengusaha yang tidak sanggup menutupi biaya operasional, ditambah lagi dengan beban pembiayan perbankaan. Karena mayoritas kendaraan itu masih kredit. Karena itu, lanjut Bambang, pemerintah harus melakukan kebijakan prioritas tinggi untuk menyelamatkan dunia transportasi publik dari kebangkrutan massal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.