Peran Elit Dibalik Gesekan Ormas Di Indonesia

JAKARTA, Harnasnews.com – Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai keberadaan ormas-ormas yang kerap bergesekan di lapangan diduga dilindungi kalangan elite.

Sebab kata Ujang ormas tersebut memiliki kepentingan suara atau basis massa hingga akar rumput. Sehingga keberadaannya bisa saja di-maintain.

“Di Republik ini, ormas-ormas seperti mereka itu hampir semua ormas itu di-maintain, dijaga. Ibaratnya ditarik-ulur. Karena ini, pejabat juga punya kepentingan terhadap eksistensi mereka,” kata dia, baru-baru ini.

“Tadi menjaga akar rumput, basis massa juga perlu. Kedua juga, terkait tadi awal. Back-up politik, kalau misalkan elite-elite itu diancam oleh pihak yang lain kan. Pihak-pihak ormas juga yang bisa mem-backup, membentengi gitu lho,” tambah Ujang.

Ormas-ormas tersebut, jelasnya, memiliki akar struktural yang kokoh, basis massa yang kuat, serta melibatkan pejabat-pejabat pemerintahan dalam kepengurusannya.

“Daya tawar organisasi-organisasi itu juga yang besar. Makanya para pejabat itu ikut menjadi anggota di ormas-ormas,” jelas dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.