Peran Teknologi Digital dalam Penguatan Demokrasi di Indonesia

Meski begitu, ia mengungkapkan karakteristik pemilihan umum di Tanah Air merupakan yang paling kompleks dan rumit di dunia, apalagi pelaksanaan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada tahun yang sama.

“Bahkan, the biggest one-day election in the world (pemilihan satu hari terbesar di dunia),” ujarnya.

Hal itu terkait dengan rencana penyelenggaraan Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, dan pemilu anggota DPRD provinsi/kabupaten/kota serta pemilihan kepala daerah di 34 provinsi dan di 514 kabupaten/kota pada tahun 2024.

Karakteristik lainnya, lanjut Titi, Indonesia menyelenggarakan pemilu dengan rekapitulasi suara paling lama di dunia. Begitu pula terkait dengan database, bangsa ini memiliki data pemilih tersentralisasi terbesar di dunia.

Sementara itu, dalam paparannya yang berbicara tentang anak muda, internet dan keterlibatan politik, Aktivis Muda NU, Romzi Ahmad mengatakan di era banjir informasi saat ini harus diimbangi dengan tradisi komparasi, verifikasi, dan validasi. Serta yang tak kalah penting adalah memperhatikan hal-hal detail.

Ada dua tipikal anak muda hari ini dalam memanfaatkan internet sebagai media memperoleh pengetahuan. Pertama, ada yang bisa memaksimalkan mesin pencari dengan baik atau termasuk orang-orang yang memiliki literasi digital cukup tinggi.

“Kedua, ada pula yang dia mendapatkan pengetahuan dengan hanya memasrahkan diri pada algoritma media sosial yang sudah terbentuk sesuai kebiasaannya,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.