Peringatan HUT Kota Bangli Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

 

Wayan Sukatana Kadis DPKP Bangli.

BANGLI,Harnasnews.Com – Memperingati HUT Kota Bangli ke 814 tanggal 10/05/2018, DPKP ( Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan ) menyelenggarakan kegiatan gerakan mengajak masyarakat gemar makan ikan dengan tema GEMARIKAN – Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Wayan Sukatana Kadis DPKP Bangli menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kota Bangli yang pertama perlombaan lomba penjor dengan memasang penjor dan ke 2 gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan yang berjalan tiga tahun sesuai dengan visi misi dinas DPKP, Kementrian dan sinergitas Pemda meningkatkan SDM ( Sumbar Daya Manusia ) .

Peningkatan SDM dimulai dari proses Ibu mengandung bayi sudah diberikan asupan gizi ataupun protein dengan makan ikan karna ikan banyak menganding protein untuk pertumbuhan anak natinya akan lahir anak- anak yang cerdas.

Tujuan yang lain di Bangli ada danau Batur yang menghasilkan ikan dalam jumlah besar sedang konsumsi ikan dimasyarakat rendah dan produksi ikan cukup besar. Konsumsi ikan Nasional rata rata 43 kg/kapita pertahunya sedang masyarakat Bangli baru mengkonsimsi ikan 30,23 kg/kapita pertahunya.

Ini yang akan kita kejar dan sosialisasikan dalam bentuk program seremonial gebyar gemar makan ikan bersinergi dengan kelompok-kelompk tani, sosialsiasi ke sekolah- sekolah , bidang ketahanan pangan bagaimanan mengelola tanaman perkebunan dalam bentuk tumpang sari di halaman termasuk memelihara ikan.

Kegiatan ini menargetkan 1600 orang yang melibatkan kepala sekolah dan tim teknisnya melibatkan anak sekolah dan masyarakat , kelompok pembudidaya ikan termasuk UPD suami istri karena dimulai dari rumah tangga lanjut sekolah dan guru dengan jalan dilombakan agar ada motivasi.

Melalui perlomabaan akan ada inovasi perubahan seperti dulu tidak ada kolam sekarang sudah banyak ada walaupun tipenya kecil apalagi dilombakan kolam itu wajib.

Leave A Reply

Your email address will not be published.