Peringati Hari Kesaktian Pancasila, MPC PP Lumajang Gelar Apel Kebangsaan

Nasional

Lumajang,Harnasnews,com – Dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila, MPC Pemuda Pancasila (PP) Lumajang menggelar apel kebangsaan bertempat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jalan Ahmad Yani Lumajang. Kamis (1/10/2020) pagi pukul 07.30 Wib.

Bertindak sebagai Pembina Upacara oleh Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang, Agus Setiawan, Pemimpin Upacara oleh Humas pada Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kab. Lumajang, Heri danPembaca do’a olehTri Wicaksono dengan susunan pasukan sekitar 100 orang anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang.

Sebelum upacara dimulai, seluruh Anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang berkumpul di Biting Mega Wisata (BMW) Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono

Selanjutnya, Anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang bergerak dari Biting Mega Wisata (BMW) Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono menuju Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kab. Lumajang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang dengan menggunakan 10 unit kendaraan roda 4 dan 30 unit kendaraan roda 2.

Ketua MPC PP Kabupaten Lumajang, Agus Setiawan dalam amanatnya mengatakan, bahwa saat ini globalisasi telah membawa tatanan dunia yang baru berderless atau tanpa batas.

“Ketiadaan batas tersebut telah mengubah kehidupan sosial secara besar- besaran. perubahan sosial tersebut sering tidak sesuai dengan kultur kebudayaan negera kita oleh karena itu kita perlu mempertahankan kultur budaya yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata Agus.

Menurut dia, Pancasila sebagai ideologi negara yang telah melewati berbagai rintangan yang berusaha merongrong dan sebagai idiologi negara indonesia, tak hanya komunisme isme-isme yang lain juga selalu berusaha merongrong pancasila, maka sudah sepantasnyalah kita sebagai Pemuda Pancasila terus menjaga Pancasila.

“Pemberontakan-pemberontakan berbasis idiologi seperti yang sudah-sudah kembali terjadi di negeri ini, jangan sampai G30SPKI terjadi lagi. Jangan sampai DI/TII merajalela kembali.

kita harus siap menjadi benteng dan menjadi martir bagi pancasila,” katanya.

Pancasila sebagai sebuah idiologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seharusnya diamalkan dalam kehidupan sehari hari sehingga menjadi landasan berpikir dan berperilaku semua komponen bangsa dan negara.

“Melalui peringatan Hari Kesaktian pancala ini, kita sebagai ksder pemuda pancasila yang dibentuk dengan tujuan membentengi idiologi pancasila, harus siap melawan setiap upaya yang merongrong ideologi pancasila. Kita harus melangkah paling depan janganlah harta benda, nyaea pun harus kita relakan demi menjaga dan mempertahankan pancasila tetap ada dibumi pertiwi Indonesia,” ujar dia.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa danLaporan Pimimpin upacara kepada pemibina upacara selesai dilanjutkan tabur bunga makam pahlawan.

Pukul 09.15 WIB, Anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kab. Lumajang meninggalkan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kab. Lumajang dan dilanjutkan parade/konvoi Pemuda Pancasila Lumajang dengan rute Start Jl. Jend. A Yani – Jl. PB . Sudirman – Jl. S. Parman –  Jl. Alun  Alun Utara -Jl. alun alun timur – Jl. alun alun Barat – Jl. Abu Bakar – Jl. Yos sudarso – Jl. Kiyai Ilyas – Jl.Wahid Hasim – Jl. Piere tendean – Stadion Semeru Lumajang (Gajah mada). (Heri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.