Persiapkan Mudzakarah Rea, Ketua LATS Silaturrahmi Dengan Ketua DPRD Sumbawa

SUMBAWA,Harnasnews – Ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Ir. H Iskandar D MEc.Dev bersama Ketua Panitia Mudzakarah Rea  Dea Guru Syukri Rahmat SAg dan Sekretaris Panitia  Aminuddin Malewa ST serta Agus Irawan Syahmi  M.M.Inov  berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Sumbawa, Selasa sore (6/9/2022) dalam rangka “Pasamada”  memberikan informasi kepada Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa terkait dengan Agenda terdekat LATS.

“Sengaja Kami datang bertemu dengan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa selaku Pimpinan Masyarakat Adat Tana Samawa   dalam rangka persiapan Mudzakarah Rea Lembaga Adat Tana Samawa” Ucap Ande sapaan akrab Ketua LATS ini

Kemudian lanjutnya Pasamada ini penting disampaikan kepada Ketua DPRD selaku Ketua atau Pimpinan Masyarakat Sumbawa terhadap agenda lembaga Adat, salah satunya adalah Mudzakarah Rea. Mudzakarah Rea adalah agenda rutin setiap 5 tahun dalam rangka menyusun program strategis lembaga adat, mengevaluasi program-program yang sudah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir sekaligus prosesi pergantian atau pemilihan pengurus baru periode 2022 hingga 2027″ jelasnya

Kemudian lanjutnya, tentu hajat daripada musyawarah atau Mudzakarah Rea dan silaturahmi ini  adalah bagian dari upaya membangun sinergi antara pemimpin masyarakat atau pemimpin rakyat yang mewakili masyarakat Sumbawa dengan Lembaga Adat Tana Samawa  yang didalamnya ada masyarakat adat, juga dalam rangka memperkuat kembali peran-peran strategis kelembagaan yang bersinergi dengan kebijakan pembangunan Pemerintah Daerah. Ungkapnya.

Ditambahkan oleh Ketua Panitia Mudzakarah Rea  (MR), Dea Guru Syukri Rahmat SAg bahwa pelaksanaan MR LATS 2022  rencananya akan berlangsung 28 – 30 Oktober 2022 mendatang.

“Hajatan dari pelaksanaan  Mudzakarah Rea tersebut tentu nanti kita harapkan ketua DPRD dapat memberikan semacam sambutan sekaligus juga pencerahan  kepada peserta Mudzakarah Rea terutama kepada peserta dari berbagai Kecamatan dan Desa agar terbangun silaturrahmi yang kuat antara masyarakat adat, dan yang kedua bagaimana masyarakat adat bersama lembaga adat tentunya bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program-program pembangunan.  selebihnya adalah kita berharap kepada legislator kita dapat menyerap apa yang menjadi aspirasi usul saran dan pemikiran-pemikiran termasuk juga rekomendasi dari peserta  Mudzakarah Rea  atas apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah termasuk legislatif” Urainya

Kemudia lanjut Syukri Rahmat, sebelumnya Ketua Umum LATS Kabupaten Sumbawa dan Panitia telah bersilaturrahim dengan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dan sangat menyambut baik serta memberikan beberapa saran  kepada kami panitia untuk betul-betul memaksimalkan pelaksanaan MR 2022.

“Sebagai ajang satu kali dalam 5 tahun ini, selain berisi sidang-sidang dengan pelbagai narasumber yang dihadirkan sesuai materi dan tema masing-masing,  insya Allah akan ada kemasan baru, yakni berupa Bazar UMKM dan  Festival Kebudayaan terang Dea Guru Cuk akrab disapa.

“Bazar UMKM ini selain sebagai ruang bagi masyarakat untuk dapat ambil bagian dari agenda besar MR 2022, juga sekaligus sebagai ruang untuk terus mendorong tumbuh berkembangnya UMKM di Kabupaten Sumbawa, yang semakin lama semakin memperlihatkan geliatnya. Selain itu, ada yang menjadi catatan panitia, bahwa UMKM yang akan mengisi stand-stand yang disiapkan adalah UMKM yang telah bersertifikasi halal dan  Itu telah kita komunikasikan dengan Dinas UMKM Koperasi Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Sumbawa.  Terang Dea Guru Cuk yang juga Ketua MES Sumbawa ini.

“Dan Alhamdulillah niatan kita disambut baik oleh Bupati Sumbawa Drs. H Mahmud Abdullah dan Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany SPd MPd. Pungkas Dea Guru Cuk yang juga Ketua Umum MUI Kabupaten Sumbawa.

Atas hal tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq menyambut gembira dan siap mensupport segala keperluan penyelenggaraan acara Mudzakarah Rea tersebut.

“Kami dari lembaga sangat mendukung pelaksanaan Mudzakarah Rea tersebut, yang rencananya dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang. Masih ada waktu 2 bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya, Kami harapkan Pemda juga mensupport penuh agenda ini” Ucapnya.

Kemudian lanjutnya, pelaksanaan acara tersebut tentunya akan mengundang banyak orang se Kabupaten Sumbawa, sehingga dapat secara langsung memberikan kontribusi bagi keberadaan UMKM yang ada di sekitar lokasi penyelenggaraan yakni di Istana Tua Dalam Loka.

“Kami menyambut Positif sebuah event yang digelar  bagi UMKM kita agar selama pelaksanaan Mudzakarah Rea para Pelaku UMKM juga mendapat berkah dari acara besar tersebut ” Imbuh Rafiq

Terlebih sekarang Fokus kita Pemerintah Daerah adalah membangun UMKM, bagaimana desaign kemasan produk, legalitas usaha termasuk perizinannya berupa Nomor Induk  Berusaha (NIB) UMKM kita  dan juga standar rasa, sertifikasi halal produknya  serta manajemen pengelolaan UMKM. Ungkap Rafiq yang getol membela UMKM ini.

“Pada prinsipnya kami siap hadir dan mensupport segala keperluan Mudzakarah Rea  LATS dan peran pihak lainnya juga diharapkan dapat difasilitasi dan diikutsertakan dalam mensukseskan acara tersebut sehingga gaungnya dapat mendunia dan memberikan multiplayer efek bagi Tau dan Tana Samawa. Yang tak kalah penting juga adalah pasca pelaksanaan Mudzakarah Rea mesti ada event yang secara berkesinambungan di tengah-tengah masyarakat kita” Pungkas Rafiq.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.