Pertemuan Airlangga-Ridwan Kamil Dinilai Cek Ombak untuk 2024

BANDUNG, Harnasnews.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu (5/6). Mereka membahas peluang kolaborasi pada tahun 2024.

Dari foto yang diterima, terlihat Ridwan Kamil mengenakan baju berwarna kuning. Tampak pula beberapa pengurus partai Golkar Jabar dan pusat, di antaranya Wakil Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pengamat politik dari CSIS, Arya Fernandes menilai pertemuan Airlangga dan Ridwan Kamil merupakan penjajakan untuk mengetahui respons partai.

“Semua ini kan test the water, coba lihat, penjajakan. Kira-kira kalau ketemu tokoh politik tertentu reaksi publik bagaimana. Respons elitnya gimana, respon partai-partai bagaimana” ujar Arya, Sabtu (5/6).

Arya melihat, Ridwan Kamil melakukan beberapa pertemuan dengan tokoh-tokoh politik. Mengesankan posisi RK sebagai tokoh penting.

“Airlangga bertemu RK di Bandung, AHY naik motor bareng RK, Anies muji RK, Khofifah ketemu RK. Jadi saya melihat justru ini impact image positifnya menguat ke RK,” ujar Arya.

Namun menurut Arya, dalam bursa pencalonan mungkin posisinya Cawapres. “Saya menduga, posisi tawar RK menjadi Cawapres di pasar politik, itu meningkat,” ujar Arya.

Jika dibandingkan calon-calon lain, lanjut dia, elektabilitas RK cukup bagus 5-10 persen, dan RK juga punya pengalaman politik. Mengenai peluang Airlangga dan RK untuk berpasangan, Arya berpendapat semua masih berpeluang.

“Otak-atik calon masih sangat terbuka, belum bisa dikunci, hitung-hitungan politik masih belum pasti. Hitung-hitungan soal kandidat, duet, itu masih sangat belum pasti, masih sangat mungkin bisa berubah, karena belum ada kesepakatan politik formal,” jelas dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.