iklan iklan

Pertemuan Airlangga-Ridwan Kamil Dinilai Cek Ombak untuk 2024

BANDUNG, Harnasnews.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu (5/6). Mereka membahas peluang kolaborasi pada tahun 2024.

Dari foto yang diterima, terlihat Ridwan Kamil mengenakan baju berwarna kuning. Tampak pula beberapa pengurus partai Golkar Jabar dan pusat, di antaranya Wakil Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pengamat politik dari CSIS, Arya Fernandes menilai pertemuan Airlangga dan Ridwan Kamil merupakan penjajakan untuk mengetahui respons partai.

“Semua ini kan test the water, coba lihat, penjajakan. Kira-kira kalau ketemu tokoh politik tertentu reaksi publik bagaimana. Respons elitnya gimana, respon partai-partai bagaimana” ujar Arya, Sabtu (5/6).

Arya melihat, Ridwan Kamil melakukan beberapa pertemuan dengan tokoh-tokoh politik. Mengesankan posisi RK sebagai tokoh penting.

“Airlangga bertemu RK di Bandung, AHY naik motor bareng RK, Anies muji RK, Khofifah ketemu RK. Jadi saya melihat justru ini impact image positifnya menguat ke RK,” ujar Arya.

Namun menurut Arya, dalam bursa pencalonan mungkin posisinya Cawapres. “Saya menduga, posisi tawar RK menjadi Cawapres di pasar politik, itu meningkat,” ujar Arya.

Jika dibandingkan calon-calon lain, lanjut dia, elektabilitas RK cukup bagus 5-10 persen, dan RK juga punya pengalaman politik. Mengenai peluang Airlangga dan RK untuk berpasangan, Arya berpendapat semua masih berpeluang.

“Otak-atik calon masih sangat terbuka, belum bisa dikunci, hitung-hitungan politik masih belum pasti. Hitung-hitungan soal kandidat, duet, itu masih sangat belum pasti, masih sangat mungkin bisa berubah, karena belum ada kesepakatan politik formal,” jelas dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan Airlangga membahas sejumlah topik, di antaranya pengembangan Bandara Kertajati hingga aspirasi anggota Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) untuk mengelola ladang minyak marjinal. Dia meminta dukungan dari Partai Golkar untuk ikut membantu program pemerintah Jabar mengembangkan daerahnya.

“Saya kedatangan tamu istimewa Pak Airlangga Hartarto Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar membicarakan dukungan dari Menko Perekonomian untuk Jawa Barat khususnya pengembangan Kertajati tadi kita bicarakan,” ucap Ridwan Kamil melalui keterangan tertulis.

“Kemudian juga saya menyampaikan aspirasi daerah penghasil migas dan energi terbarukan kebetulan saya ketua umum, terkait memohon agar ladang minyak marjinal bisa diserahkan ke daerah yang tidak terurus oleh Pertamina sehingga menjadi nilai tambah kesejahteraan kepada masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Ridwan Kamil mengakui membahas sejumlah agenda politik dalam pertemuan itu. Pria yang akrab disapa Emil ini mendoakan segala urusan Airlangga untuk Pemilihan Presiden 2024 bisa dipermudah. Meski dia tidak menjelaskan lebih dalam mengenai pernyataannya itu.

“Selanjutnya membahas politik, dukungan terkait pengembangan Jawa Barat dari Partai Golkar sehingga Golkar berkomitmen mendukung program (Pemerintah Provinsi Jawa Barat),” ucap dia, dikutip dari merdeka.

“Saya juga mendoakan utamanya Allah mempermudah segala urusan maksud Pak Airlangga khususnya di 2024, itu doa dari saya khusus untuk beliau. Beliau sangat senang dan mudah-mudahan menjadi tanda kolaborasi kita,” kata Emil.

Mengenai baju kuning yang dikenakannya, Ridwan Kamil menegaskan itu baju tersebut bukan atribut partai. “Tradisi jika bertemu partai, tentulah sopan santunnya menyesuaikan dengan warna-warna identitas kepartaian tersebut,” pungkasnya.

Airlangga Hartarto sendiri sudah berada Kota Bandung pada Jumat (4/6). Ia melakukan kunjungan kerja ke pabrik tenun dan mendatangi pabrik sepeda lokal Kreuz.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.