Pertumbuhan Teknologi Digital Peluang Bagi Sektor Ekonomi Kreatif

JAKARTA, Harnasnews – Peningkatan populasi konsumen digital dianggap sebagai peluang yang sangat besar bagi industri kreatif Indonesia. Untuk dapat menyentuh konsumen tersebut, pelaku ekonomi kreatif harus mampu memanfaatkan media digital.

Demikian mengemuka dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Digitalisasi dan Industri Kreatif di Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (25/8).

Webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dan konten kreator, MHD Fachrusi sebagai narasumber.

Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid dalam keynote speakernya mengatakan ketika memasuki ekosistem digital, salah satu modal yang harus dimiliki oleh pelaku ekonomi kreatif adalah kreativitas.

“Pelaku ekonomi kreatif juga harus selalu memperbarui ide untuk dapat menarik perhatian konsumen atau audiens,” ujarnya.

Selain itu, lanjut politisi perempuan Partai Golkar itu, adanya digitalisasi dalam ekosistem ekonomi kreatif memberikan banyak manfaat untuk pelaku ekonomi kreatif.

Pertama, transformasi ke dunia digital akan membuat unit usaha lebih efisien dan stabil. Sebab, transformasi digital menyederhanakan proses operasional jauh lebih efektif.

Kedua, penggunaan ekosistem digital juga bermanfaat untuk membuat perusahaan lebih berkembang. “Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi digital menciptakan lingkungan kerja yang lebih modern,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.