Petani Di Penyaring Beli Air Rp 300 Ribu, Hermansyah Minta Asdin Tepati Janji.

Dokumentasi (HNN)

SUMBAWA,Harnasnews.Com -Hermansyah meminta kepada Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NT.1 Asdin Julyadi untuk menepati janjinya. Dikarenakan beberapa bulan yang lalu ketika asdin meninjau lokasi saluran irigasi Bendungan Batu Bulan (BBB) yang menuju Desa Penyaring dirinya berjanji bahwa air akan jalan. Namun dari hasil pantau dan pengamatan kami dilapangan air hingga saat ini belum jalan. Bahkan saat ini banyak petani di Wilayah Desa Penyaring mengalami kekeringan. Bahkan tak jarang petani membeli air.

“Kami minta Asdin Tepati omongannya. Kalau tidak lebih mundur dari Kepala BWS,”ungkap Herman (18/3/2018).

Menurut Herman dari 2015 hingga 2017 saluran irigasi BBB terus mendapat kucuran anggaran dari Pemerintah. Namun air yang masuk ke Desa Penyaring hampir dikatakan tidak ada.

“Tolong Pak Asdin turun lalu dengarkan petani di Penyaring. Bahwa saat ini banyak petani yang galau karena padi yang ia tanam tidak ada air,”papar Herman.

Lanjut Herman, Asdin harus bertangung jawab jika petani di Penyaring gagal panen karena tidak ada air. Karena meski ada saluran dibuat Pemerintah tapi airnya tidak ada jalan masuk ke sawah milik petani.

“Petani di Penyaring saat ini sudah kesal. Karena tidak ada air yang mengalir dari Bendungan Batu Bulan (BBB) masuk ke sawah petani. Dan jika tidak hal ini tidak realisasikan oleh Asdin lebih baik Asdin mundur dari Kepala BWS,”geram Herman.

Selain itu juga Herman katakan bahwa selama ini banyak proyek saluran dari anggaran APBN. Tapi airnya tidak ada. Lalu buat apa menghamburkan uang negara yang begitu banyak.

“Buat apa bangun saluran kalau air tidak bisa dinikmati oleh petani. Padahal anggaran untuk pembangunan jaringan tersebut mencapai Milyaran rupiah. Atau jangan-jangan saluran di Penyaring hanya akan dijadikan proyek saja tapi hasilnya tidak bisa dinikmati oleh rakyat (petani red). Jika hal demikian terjadi maka sungguh sangat memamulukan. Karena sejatinya jaringan diperbaiki adalah untuk kepentingan petani,”tegas Herman.

Dan oleh karena itu jika Herman minta Asdin buktikan janjinya dan jika tidak maka kami selaku Pemuda bersama petani akan meminta pertangungan bapak selaku Kepala BWS,”tutup Herman. (Hm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.