MALANG, JAWA TIMUR, Harnasnews.com – Kepolisian Resor (Polres) Malang menyatakan siap untuk melakukan pengamanan mudik Lebaran 2022 dan mengantisipasi adanya potensi penyebaran virus Corona pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tersebut.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa menjelang perayaan Lebaran 2022, pihak kepolisian akan melakukan Operasi Ketupat Semeru 2022 untuk melakukan pemetaan daerah rawan macet dan kecelakaan.

“Kami telah memetakan lokasi rawan macet maupun rawan laka lantas. Karena diprediksi jumlah pemudik akan meningkat hingga sekitar 85 juta pemudik, dengan tujuan Jabar, Jateng dan Jatim,” kata Ferli, dilansir dari antara.

Ferli menjelaskan jutaan masyarakat yang melakukan mudik lebaran tersebut berdasarkan prediksi bahwa ada keinginan besar dari warga untuk melaksanakan mudik setelah selama dua tahun dilakukan pembatasan untuk pulang kampung akibat pandemi COVID-19.

Menurutnya, pada Operasi Ketupat Semeru 2022 tersebut akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia dengan mengerahkan sejumlah personel termasuk mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Ia menambahkan, pada pos pengamanan dan pelayanan tersebut akan diisi oleh personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, tenaga kerja dan satuan lainnya.

“Kami siap mengamankan dan mengawal arus mudik maupun arus balik bagi masyarakat yang akan menuju atau dari wilayah Kabupaten Malang,” ujarnya.