Presiden Tegaskan Komitmennya Terus Dorong Kemudahan Berusaha dan Berinvestasi

JAKARTA,Harnasnews.Com – Presiden Joko Widodo pagi ini melepas ekspor perdana produk otomotif yang diproduksi pabrik Mitsubishi Indonesia untuk pasar Filipina. Sebanyak tiga ribu unit mobil Mitsubishi Xpander buatan Cikarang akan dikapalkan dalam ekspor tahap pertama ini

Dalam sambutannya di lokasi pelepasan ekspor, yakni di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Presiden sekali lagi menekankan bahwa kunci pertumbuhan ekonomi nasional hanya ada dua, yakni peningkatan investasi dan ekspor. Oleh karenanya, Kepala Negara mengapresiasi Mitsubishi Indonesia yang semakin meningkatkan daya saing industri otomotif nasional dengan mengekspor unit Xpander.

“Saya mengapresiasi lompatan kemajuan dari Mitsubishi Indonesia, yang hari ini untuk pertama kalinya melaksanakan ekspor massal mobil tipe Xpander dari negara kita. Ini patut kita hargai,” ujar Presiden pada Rabu, 25 April 2018.

Unit Xpander yang menjadi andalan Mitsubishi ini di Indonesia sendiri memiliki permintaan yang cukup tinggi. Dikerjakan di basis produksinya di Cikarang, Mitsubishi Indonesia mampu mengaryakan sebanyak tiga ribu tenaga kerja lokal.

“Pabrik Mitsubishi ini mempekerjakan 3 ribu tenaga kerja dan akan bertambah menjadi 4 ribu. Hampir dapat dikatakan semuanya adalah tenaga kerja lokal, mayoritas tenaga kerja lokal,” kata Presiden.

Selain itu, proses produksi yang dilakukan Mitsubishi Indonesia di Cikarang juga melibatkan sekira 120 industri komponen dalam negeri. Presiden menilai keterlibatan industri dan tenaga-tenaga lokal Indonesia itu mampu menjadikan nilai tambah tersendiri bagi Indonesia di mata dunia.

“Pangsa pasarnya bukan hanya untuk pasar Asia Tenggara, tapi juga masuk ke pasar-pasar Amerika Selatan, Afrika. Mobil ini diproduksi dan dirakit oleh tenaga kerja Indonesia dan akan digunakan di berbagai penjuru di Asia Tenggara dan negara-negara lain di dunia,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.