Program Pancakarsa Pemkab Bogor Disuarakan Generasi Milenial

BOGOR, Harnasnews. com-Program Pancakarsa Bupati Bogorb Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menjadi ramai disuarakan anak-anak muda agau generasi milenial Bogor dalam event “Bogor Leaders Talk”. Para pemuda memberikan ide dan masukannya untuk pembangunan dan kemajuan Pemerintah Kabupaten Bogor kedepan.

Muhamad Faizal Afif, salah satunya, mahasiswa FISIB Universitas Pakuan Bogor ini mengatakan, baginya event Bogor Leaders Talk ini salah satu inovasi Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan yang luar biasa. Ditengah sistem birokrasi yang selama ini dianggap kaku.

“Kami memberikan ide bahwa kaum muda Kabupaten Bogor perlu tempat khusus untuk berkarya atau disebut Bogor Creative Center. Ada tiga aspek penting yang harus ditanam untuk membentuk kota atau kabupaten kreatif. Pertama pemeliharaan dan pengembangan potensi ekonomi kreatif, kedua pengembangan creative class, dan ketiga perencanaan dan pengembangan lingkungan kreatif,” ujar Faizal Afif.

Tiga hal itu, kata Faisal, dapat menjadikan Kabupaten Bogor sebagai Creative City. Saat ini semangat Pancakarsa sudah sangat membumi di kalangan anak muda. Tinggal bagaimana kami dirangkul kedepannya agar mampu berdaya saing lokal, regional, nasional maupun internasional.

Berikutnya, Sidiq Purba, peserta Bogor Leaders Talk lainnya mengusulkan ide “Pancakarsa dengan Data”. Menurutnya pada tahun 2020 Kota Seoul, Korea Selatan, dinyatakan sebagai smart city terbaik di dunia. Salah satu inovasi yang Seoul luncurkan adalah layanan owl bus, yang dapat beroperasi mengangkut 7.000 penumpang, dan meningkatkan kepuasan warga sebanyak 80%.

Leave A Reply

Your email address will not be published.