Puan Minta WAIPA Upayakan Politik yang Inklusif Kepemimpinan Perempuan

“Untuk aspek politik, kita perlu lebih meningkatkan keterlibatan dengan partai politik untuk mendukung dan mendukung perempuan melalui karir politik mereka,” imbuhnya, dilansir dari antara.

WAIPA, tambah dia, perlu pula mengenali dan memperkuat potensi kepemimpinan perempuan dalam kegiatan sosial-ekonomi dan politik serta dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang merupakan agenda global.

“Ketika suara perempuan dimasukkan dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan, mereka dapat memberikan masukan tentang risiko berbasis gender, dan perspektif yang lebih luas,” katanya.

Terakhir, Puan menilai suatu kebutuhan mendesak untuk mempromosikan akses pendidikan dan layanan kesehatan yang berkualitas, serta memberikan dukungan bagi pengusaha dan pekerja perempuan dalam rangka menghapus diskriminasi berbasis gender.

Pertemuan WAIPA dalam Sidang Umum AIPA Ke-44 yang dipimpin oleh Anggota DPR RI Irine Yusiana Roba Putri itu mengambil tema “Memajukan Partisipasi Perempuan dan Mempromosikan Kepemimpinan Perempuan”.

Di dalamnya, membahas tiga draf resolusi yang akan diadopsi bersama seluruh anggota parlemen negara anggota AIPA. Di mana, draf “Meningkatkan Ketahanan Asean Melalui Kepemimpinan Perempuan dan Parlemen yang Responsif terhadap Gender” diusulkan oleh Indonesia. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.