JAKARTA, Harnasnews – Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Sidang Komite Eksekutif ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Jakarta, Minggu, untuk menyepakati struktur kepengurusan komite dan agenda-agenda yang akan dibahas dalam Sidang Umum Ke-44 AIPA di Jakarta pada 7–9 Agustus 2023.

Dalam Sidang Komite Eksekutif itu, ada sembilan negara ASEAN yang hadir yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

“Sidang Umum Eksekutif dihadiri sembilan ketua delegasi dari anggota AIPA negara ASEAN, anggota parlemen, serta sekretaris jenderal AIPA. Komite eksekutif merupakan badan di AIPA yang menyiapkan pembahasan pada sidang umum AIPA dan badan ini menentukan agenda sidang AIPA, siapa yang memimpin dari masing-masing komite, serta resolusi yang akan dibahas serta berbagai isu penting lain terkait organisasi AIPA,” kata Puan Maharani saat jumpa pers pada sela-sela Sidang Komite Eksekutif AIPA di Jakarta, Minggu.

Puan, yang didampingi oleh Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, lanjut menjelaskan Sentralitas ASEAN tetap menjadi pedoman utama dalam membahas persoalan dan tantangan yang dihadapi di kawasan. Tidak hanya itu, Indonesia, yang memimpin Sidang Umum Ke-44 AIPA, juga menekankan pentingnya memelihara solidaritas dan persatuan antarnegara anggota ASEAN.