Puluhan Warga Binaan Lapas Sumbawa Di Tes Urin

Nasional

SUMBAWA, Harnasnews.com – Petugas Medis Lapas Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB bersama jajaran Subseksi Bimkemaswat pagi ini (Kamis, 07/10) melakukan tes urin bagi puluhan warga binaan. Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh data akurat dalam memastikan para warga binaan telah terbebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Warga binaan tersebut dipilih dari beberapa kamar kemudian dikumpulkan di halaman Masjid Lapas guna pengambilan sampel urin. Alat yang digunakan berupa Coretests Multi-Drug Test Cup CK 10P yang berasal dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Yudi Fahroni, Petugas Medis yang bertanggung jawab dalam kegiatan kali ini menuturkan bahwa tes urin ini dilakukan secara mendadak tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada warga binaan, serta pengambilan sampel dilakukan secara acak.

“ini kita lakukan tanpa pemberitahuan dulu, tiba-tiba kita panggil, panggilnya juga acak.” jelas Yudi

Dari jumlah sampel yang diuji, lanjut Yudi seluruhnya menunjukkan hasil negatif narkoba.

Kalapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, M. Fadli ditemui terpisah mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata upaya jajarannya dalam menciptakan lingkungan Lapas yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, terlebih pihaknya sebelumnya telah melaksanakan deklarasi Bebas Halinar.

“ini wujud nyata upaya kita dalam menciptakan lapas yang bebas narkoba, seperti yang kita deklarasikan sebelumya.” Fadli menerangkan

Dirinya juga berharap kondisi ini terus terjaga dengan dukungan semua petugas serta warga binaan, sehingga terwujud kondusifitas seperti yang diharapkan.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.