JAKARTA, Harnasnews – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengungkapkan tiga faktor kunci keberhasilan mudik dan arus balik Lebaran tahun ini yakni kesiapan infrastruktur, regulasi dan perilaku masyarakat.

“Kalau kita melihat faktor kunci dari keberhasilan mudik dan arus balik Lebaran kali ini dapat dikelompokkan menjadi tiga,” ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono atau disapa Yongki dalam diskusi Evaluasi Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023 di Jakarta, Rabu.

Menurut Yongki, faktor kunci pertama adalah kesiapan dan kesediaan infrastruktur yang mana Kementerian PUPR menyiapkan jalan nasional dalam kondisi siap, ruas-ruas jalan tol yang beroperasi, lalu ada tambahan 12 ruas tol fungsional, serta menambah berbagai fasilitas layanan di tempat istirahat dan pelayanan (rest area).

Kementerian PUPR telah mengoperasikan 12 ruas jalan fungsional yang berjalan dengan baik dengan total panjang 193,1 kilometer(km).

Kementerian PUPR juga telah melakukan pelebaran jalan di beberapa titik lokasi, yaitu lajur pertemuan ruas tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated Jalur A sepanjang 16,3 km dan Jalur B sepanjang 11,8 km.