PWI dan Kejaksaan Meriahkan HUT ke- 59 Sumbawa


SUMBAWA,Harnasnews.Com  – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa menggelar kegiatan senam massal, pelepasan benih ikan, penanaman pohon dan penyuluhan hukum. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59, yang jatuh pada tanggal 22 Januari mendatang.

Berdasarkan pantauan wartawan dilokasi Kegiatan senam massal yang dilaksanakan di Pantai Saliper Ate, Labuhan Sumbawa. Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Sumbawa, Drs H. Rasyidi, Kajari Sumbawa, Paryono, SH, Kapolres Sumbawa, AKBP. Yusuf Sutejo, Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryana, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin, ST, semua kepala OPD lingkup Pemkab Sumbawa, serta perwakilan ASN masing-masing instansi. Kegiatan senam ini diikuti oleh ratusan peserta. Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan pantai di Saliper Ate dan Pantai Jembatan Polak (Jempol).

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan dan penanaman bibit pohon di Bendungan Batu Bulan. Dalam kegiatan ini, sebanyak 30 ribu bibit ikan berbagai jenis di lepas. Pelepasan benih ikan dan penanaman pohon ini secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati,  Forkopimda, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Sumbawa dan Ketua panitia kegiatan. Terakhir, kegiatan dilanjutkan dengan Penyuluhan Hukum.  Kegiatan yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Moyo Hulu ini dilaksanakan di kantor Bendungan Batu Bulan. Adapun materi yang disampaikan terkait kasus Ilegal Loging. Dalam kegiatan itu, bertindak selaku pemateri yakni Kasi Intel, Erwin Indrapraja, SH., MH, Kasi Pidsus, Anak Agung Raka PD, SH, Kasi Pidum, Feddy Hantyo Nurohim, SH, dan Kasi Datun Kejari Sumbawa, Jeffry Lokopessy, SH.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di Bendungan Batu Bulan. Mengingat, saat musim kering mata air kekeringan dan berkurang. Sementara pada musim hujan, Sumbawa kebanjiran. “Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya pohon di hutan akibat ilegal loging,” kata H. Mo sapaan akrab wabup Sumbawa.

Wabup mengimbau, kegiatan penanaman pohon ini diharapkan  untuk me motivasi masyarakat. Nantinya masyarakat yang akan melakukan penanaman pohon di wilayah masing-masing. Masyarakat juga harus selalu memelihara keberadaan  pohon demi generasi kedepannya. Kepala desa setempat juga harus menangkap peluang ini agar kegiatannya dilanjutkan seterusnya.

Wabup juga meminta instansi lainnya untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa. Apa yang dilakukan oleh PWI dan Kejari Sumbawa ini diharapkan bisa menjadi contoh. Diharapkan PWI juga bisa bekerjasama dengan instansi lain guna melaksanakan kegiatan bakti sosial. “Kalau ada kolaborasi seperti ini, Insya Allah Sumbawa Hebat dan Bermartabat akan tercapai,” terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.