Ratusan Kades se- Kabupaten Bireuen, Aceh Ikuti Bimtek Nasional di Puncak Bogor

BOGOR, Harnasnews – Sebanyak 619 Kepala Desa (Kades) dari 17 kecamatan se-Kabupaten Bireuen, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional tentang Ketahanan Pangan dari tangal 22 hingga 25 Agustus 2022 mendatang di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Iya, kami ada 619 kades dari 17 kecamatan se-Kabupaten Bireuen saat ini sedang mengikuti Bimtek Nasional,” kata Ketua APDESI Kecamatan Jeunieb, Anwar SH, MH kepada harnasnews.com, saat mengikuti Bimtek tersebut di Hotel Bayak, Puncak, Bogor, Senin (22/08/2022).

Menurut dia, Bimtek yang fasilitas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGPKB) Kabupaten Bireuen tersebut dapat menambah pengetahuan para kades terkait tata kelola Ketahanan Pangan. Sebagaimana kata dia, hal itu diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022 disebutkan bahwa Dana Desa (DD) ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD).

“Jadi, untuk keberhasilan program ini saya rasa perlu dioptimalkan lewat Bimtek. Sehingga nantinya, untuk pengembangan potensi desa melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa, lahan masyarakat dapat optimal,” jelas Anwar yang juga menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Jeunieb ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.