Transformasi Digital Dapat Perkuat UMKM

JAKARTA, Harnasnews – Transformasi digital akan mendorong daya tahan UMKM menjadi lebih kuat di tengah gelombang demi gelombang disrupsi digital dan pandemi yang menuju titik usai sehingga sangat penting untuk mempersiapkan transformasi digital bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Demikian mengemuka dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Digitalisasi UMKM Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (23/8).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid sebagai keynote speaker, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan dan Co-Founder Getstackposts, Rhizwanda Imawan sebagai narasumber.

Dalam keynote speakernya, Meutya Hafid mengatakan kemampuan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan usaha yang selama ini banyak dikelola secara tradisional dan konvensional.

Politisi perempuan Partai Golkar itu mengungkapkan bahwa yang perlu dilakukan generasi muda memulai UMKM, yaitu beralih ke marketplace atau e-commerce.

Faktanya, lanjut Meutya Hagid, belanja online saat ini menjadi pilihan favorit konsumen. “Sehingga para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini bergabung dengan platform digital,” katanya.

Di tempat yang sama, Co-Founder Getstackposts, Rhizwanda Imawan mengatakan ada sejumlah ancaman dan peluang di era baru industriliasasi digital. Salah satu peluangnya adalah, era digitalisasi memberi peningkatan net tenaga kerja hingga 2,1 juta pekerjaan di tahun 2025.

Leave A Reply

Your email address will not be published.