iklan

Ribuan Pengunjung Masih Padati Rutan Medaeng Pada Lebaran Ketiga

Surabaya,Harnasnews.com – Idul Fitri menjadi momen berharga untuk berkumpul dengan keluarga. Termasuk bagi mereka yang sedang dibatasi kemerdekaannya. Di balik jeruji besi, tetap ada kegembiraan.

Ribuan orang masih memadati Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Surabaya (Rutan Medaeng), pada lebaran ketiga, Minggu (17/6/2018). Mereka adalah para pengunjung warga binaan.

Pada momen Idul Fitri 2018, Rutan Medaeng mengadakan kegiatan kunjungan bagi warga binaan selama 3 hari.

Kepala Rutan Kelas I Surabaya Bambang Haryanto menjelaskan bahwa, kunjungan dari keluarga dapat memberikan dampak positif dalam pembinaan warga binaan.

“Pembinaan warga Rutan juga harus melibatkan keluarga sebagai terapi positif bagi emosional warga binaan. Apalagi warga binaan dengan kasus narkotika adalah mayoritas di sini,” jelasnya.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak kemarin ini telah dimanfaatkan oleh lebih dari 10.000 pengunjung yang sebagian besar adalah keluarga dari para warga binaan. Para pengunjung harus mengambil nomor antrean dengan maksimal lima orang dewasa per nomor.

“Kemudian mereka akan dipanggil sesuai nomor antrean untuk kemudian diperiksa identitas dan barang bawaannya sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan, setiap rombongan pengunjung yang terdaftar di nomor antrean akan diberikan waktu maksimal 30 menit untuk menjenguk warga binaan.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan rombongan pengunjung di dalam Rutan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Rutan Kelas I Surabaya Mahendra Sulaksana menambahkan bahwa, kunjungan pada lebaran pertama di Rutan Medaeng memang membeludak. Ruang kunjungan tak mampu menampung.

“Pihak rutan harus menambah fasilitas tenda di lapangan Rutan,” ucap Mahendra.

Untuk menjaga keamanan, masih kata Mahendra, pihak Rutan menambah kekuatan personelnya. Total ada sekitar 50 petugas yang bertugas. Di antara jumlah itu, 25 petugas berasal dari pengamanan. ”Sisanya kami perbantukan dari staf administrasi,” pungkasnya. (Phank).

Leave A Reply

Your email address will not be published.