Ribuan Personil Gabungan Amankan Pertandingan Persija Vs PSM Makasar di Stadion Patriot Chandrabhaga

KOTA BEKASI, Harnasnews.com -Perhelatan sepakbola Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSM Makasar yang akan dihelat di Stadion Patriot Chandrabhaga pada Rabu (25/01/23) akan mendapatkan keamanan yang ketat dari petugas.

Polres Metro Bekasi Kota telah menyiapkan personilnya disamping instansi lain seperti dari Kodim 0507/Bekasi, Brimob Polda Metro Jaya, BKO Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Satpol PP Kota Bekasi serta Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Dalam Technical Floor Game yang dipimpin Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, perosnil akan disebar di beberapa titik area stadion untuk mengantisipasi membludaknya supporter atau penonton yang akan masuk.

Selanjutnya, apel juga digelar menjelang pertandingan yang akan dipimpin oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki. Ribuan perosnil akan ditempatkan di pintu masuk stadion.

“Pengamanan saat ini ada 1700 personel akan disiapkan untuk melakukan penjagaan,” ungkap Hengki, kepada awak media.

Para personil baik TNI dan Polisi berseragam tidak diperkenankan berada di dalam area lapangan. Hal itu sendiri berdasarkan aturan Perpol Nomor 10 tahun 2022. Nanti yang berada di ring 1 dan 2 tribun penonton hanya steward yang telah disiapkan.

“Baik ring 1 dan 2 di Tribun itu ada dari steward, steward itu baik dari PSSI maupun dari TNI-Polri tapi dia berpakaian preman para pasukan yang menggunakan uniform,” terang dia.

Lebih lanjut, Hengki memastikan personil kepolisian tidak menggunakan gas air mata untuk mengantisipasi kejadian huruhara. Sejumlah alat mulai dari tameng dan tongkat disiagakan.

“Tidak, Perlengkapan itu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, untuk gas air mata sesuai petunjuk kita tidak bawa. Kecuali yang kita bawa tameng tongkat untuk mengatasi kalau terjadi huru hara,” jelas dia.

Selain Mempersiapkan anggota untuk keamanan, pihaknya juga menyediakan mesin X-ray untuk mendeteksi barang bawaan penonton itu sendiri.

“Ada beberapa titik disiapkan mesin X-ray untuk mendeteksi barang bawaan, selain nantinya petugas juga akan melakukan pengecekan secara manual,” tutup dia.

Brimob Polda Metro Jaya juga mengerahkan anjing pelacak dalam pengamanan itu.(Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.