Rutan Bangil Telah Berikan Asimilasi Ke 130 WBP Pada Januari Sampai Mei 2023

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Sebanyak 130 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Bangil keluar dari Rutan Kelas II B Bangil, melalui program Asimilasi pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2023.

Kepala Rutan Bangil, Akhmad Sobirin Soleh saat ditemui pada Rabu (31/05/2023) mengatakan Program Asimilasi adalah proses pembinaan Narapidana dan Anak yang dilaksanakan dengan membaurkan Narapidana dan Anak dalam kehidupan masyarakat. Adapun dalam pelaksanaan program asimilasi rumah, para WBP masih dalam proses pembimbingan dan pengawasan oleh Rumah Tahanan Bangil.

“Setiap Warga Binaan Pemasyarakatan masih mempunyai hak. Oleh karena itu, Rutan Bangil wajib memberikan hak warga binaan, dengan beberapa persyaratan,” terang Akhmad Sobirin Soleh.

Dijelaskan bahwa setiap WBP harus menjalani hukuman 1/3 dari sisa masa hukuman, berkelakuan baik, serta aktif mengikuti kegiatan-kegaiatan selama dalam Rumah Tahanan Bangil.

“Ada 130 WBP yang mendapat Asimilasi pada januari sampai dengan mei 2023, yang terbagi Asimilasi Rumah (Asirum) sebanyak 102 WBP, Pembebasan Bersyarat (PB) 21 WBP, dan Cuti Bersyarat (CB) 7 WBP,” tambah Kepala Rutan Bangil.

Terkait perpanjangan program Asimilasi, Akhmad Sobirin Soleh menambahkan untuk asimilasi sampai bulan Juni 2023.

“Sementara untuk bulan depan ada 14 WBP untuk Asirum, 3 WBP untuk PB, dan 1 WBP untuk CB. Itu yang telah akan di ajukan, karena sudah memenuhi persyaratan yang ada dalam menerima program Asimilasi,” tutup Sobirin.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.