Sambut Musim Penghujan, Tiga Desa Di Purwakarta Gelar Hajat Bumi

PURWAKARTA,Harnasnews.com – Untuk menyambut musim penghujan yang di harapkan warga, sedikitnya tiga Desa yakni Desa Cibodas, Karangmukti dan Cikopo menggelar hajat bumi menyambut musim hujan yang di pusatkan di Desa Karangmukti, Jumat siang (8/11)

Kita bersyukur pada yang maha kuasa hujan yang dinanti warga sudah mulai tiba mudah mudahan nanti petani bisa mulai bercocok tanam.” Ujar Abah Disin selaku Sesepuh warga tiga Desa di sela sela gelar hajat bumi, di kampung Cinta karya, Desa Karangmukti, Purwakarta Jabar.

Acara ruwatan hajat bumi ini sudah terbiasa setiap tahunya dijalankan warga.supaya musim penghujan ini membawa keberkahan bagi para petani baik di sawah dan dilarang kebun.

” Ruwatan hajat bumi rutin dilaksanakan semoga di musim cocok tanam ini petani membawa hasil yang melipah berkah.” Harap Abah.

Dalam ruwatan bumi ini warga dengan khidmat berdoa yang di pimpin oleh tokoh sesepuh kampung dengan antusias juga warga mencicipi hidangan ruwatan baik makanan tradisional maupun buah-buahan hasil bumi.

” Mudah mudahan makanan dan buah-buahan hasil bumi ini berlimpah hasilnya sehingga membawa Rizki yang berkah.” Papar Asep salah satu warga

Sedangkan dalam acara hajat bumi ini juga mantan Kades Karangmukti H.Endin turut berkenan Hadir selaku tokoh masyarakat di Desa Karangmukti yang berharap budaya hajat bumi ini harus di lestarikan sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia.(fuljo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.