Samisade Cair, Ratusan Kades di Bogor Rame-Rame Bangun Desa

BOGOR, Harnasnews – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) akhir tahun ini sudah cair, 413 kepala desa (kades) di Kabupaten Bogor rame rame membangun desanya. Telah kita ketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelontorkan anggaran lebih dari Rp395 miliar untuk program Samisade tahun 2022 ini. Sejumlah kepala desa (Kades) di Bumi Tegar Beriman ini pun terpantau merealisasikan bantuan infrastruktur tersebut untuk pembangunan betonisasi jalan desa, tembok penahan tanah (TPT), drainase, jembatan dan menara telekomunikasi.

Seperti halnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Cilember, Kecamatan Cisarua hari ini terpantau sedang melaksanakan launching Samisade untuk pembangunan betonisasi jalan di desanya.

“Pembagunan infrastruktur betonisasi jalan desa masih menjadi prioritas utama dalam meningkatkan taraf perekonomian warganya. Saya optimis pembangunan betonisasi jalan desa ini akan berimplikasi pada warga Desa Cilember, ” kata Kades Cilember Suhendi Hovenier kepada wartawan saat launching program Samisade, Rabu (9/11/2022).

Lanjut Suhendi, betonisasi jalan desa tersebut adalah jalan penghubung antar kampung yakni Kampung Jawa dengan Kampung Cirangrang dengan volume, panjang 952 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,15 sentimeter.

“Adapun total anggaran biaya tahap satu 60 persen atau senilai Rp. 473.185.000 juta. Dan tahap dua 40 persen atau senilai 189.274.000 dari total keseluruhan Rp. 662.459.000 juta, ” urai kades yang biasa disapa Indo ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.