Samota Summer Fest 2023 Sukses Di Gelar, Kepala Desa Penyaring Juara III

SUMBAWA, Harnasnews – Perhelatan Samota Summer Fest 2023 yang berlangsung di arena pacuan kuda “Angin Laut” Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa – NTB berakhir dengan sukses Minggu (21/05) ditandai dengan malam Inagurasi penutupan yang dihadiri Gubernur NTB beserta Istri.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2028 mendatang Sumbawa-NTB akan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional (PON), karena itu diharapkan nantinya joki dewasa ikut terlibat pada PON 2028 mendatang.

“Jangan karena alasan mentradisikan budaya, anak-anak kita tidak sekolah, dan mereka boleh menjadi joki tapi sekolah tidak boleh ditinggalkan,” tukas Gubernur Zul seraya mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia penyelenggara dan pihak lainnya yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini.

Pada kesempatan itu, Gubernur Zul mengajak para Kepala Desa dan tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama menyukseskan MXGP yang akan dilaksanakan pada bulan 23 – 25 Juni 2023 mendatang.

Ny. Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah selaku Ketua Dekranasda Provinsi NTB yang turut hadir mengungkapkan bahwa kehadirannya dalam rangka memberikan support dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan SAMOTA SUMMER FEST 2023 ini, dan disampaikan terimakasih kepada panitia dan para peserta dari semua kegiatan yang sudah ikut ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan ini, serta tak lupa untuk para penonton yang selalu hadir dalam mensupport jagoannya masing-masing.

“Ini merupakan bukti bahwa kita semua memiliki semangat yang sama untuk berkegiatan secara positif, mendukung berbagai kegiatan dalam rangka menyambut event MXGP yang akan dilaksanakan di Sirkuit SAMOTA,” kata Hj. Niken.

Terkait dengan kegiatan fashion show mengunakan busana tenun merupakan sebuah kebanggaan dan rasa cinta kita kebada budaya kita “SUMBAWA” sambung Hj.Nike, sehingga kain Sumbawa tidak hanya menjadi kain yang digunakan pada acara formal , namun dapat menjadi busana fashion, dan ini sama juga kita memberikan kepada para desainer muda yang ada di Kabupaten Sumbawa untuk dapat merancang busana fashion yang akhirnya nanti dapat menjadikan Sumbawa menjadi pemain utama dalam kebangkitan fashion di Nusa Tenggara Barat, ujarnya.

Sementara itu mewakili para dewan juri Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.PD.,M.Pd menyampaikan bahwa dewan juri cukup bingung dalam memilih sang juara sebab para kontestan terlihat sangat bagus semua. Oleh karena itu para dewan juri melakukan penilaian yang cukup ketat sekali tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Dalam hal lomba Fashion Show dengan tema “Mempromosikan Tenun Produksi Nusa Tenggara Barat” dapat dikatakan bahwa kain tenun saat ini sudah semakin maju, ujarnya.

Wabup Novi menjelaskan tentang kriteria penilaian diantaranya dimana 75 % kain tenunnya perlu ditampilkan, menguasai panggung, perpaduan warna, kemudian baju yang pas (tidak longgar & tidak kekecilan), dan keserasian bersama pasangan, paparnya.

Adapun kegiatan fashion show pada kategori Kepala Desa/Lurah yang meraih juara adalah Juara (1) Kelurahan Uma Sima, Juara (2) Kelurahan Pekat, dan Juara (3) Desa penyaring, dimana acara malam inagurasi Samota Summer Fest 2023 ini juga dihadiri oleh Kepala DISPOPAR Provinsi Nusa Tenggara Barat serta kepala OPD se Kabupaten Sumbawa.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.