Sampah Plastik di Kota Sukabumi Capai 35 Persen

SUKABUMI, Harnasnews.com – Jumlah sampah plastik di Kota Sukabumi cukup banyak. Sebabnya dari total produksi sampah sebanyak 170 ton per hari sekitar 35 persen diantaranya adalah sampah plastik.

“Sampah plastik yang terdata per harinya mencapai sebesar 30 persen hingga 35 persen dari total 170 ton sampah,’’ ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi Adil Budiman kepada wartawan Kamis (7/3). Sehingga yang terbanyak sebenarnya sampah organik.

Namun kata Adil, sampah organik bisa diolah menjadi kompos. Sementara sampah plastik sulit diurai sehingga menjadi perhatian pemerintah.

Oleh karena itu lanjut Adil, pemkot kini tengah menggodok peraturan wali kota (Perwal) mengenai pengurangan sampah plastik. Saat ini prosesnya masuk dalam tahapan sosialisasi kepada masyarakat.

Targetnya ungkap Adil, pada akhir 2019 atau awal 2020 perwal tersebut bisa segera diterapkan. Sehingga keberadaan sampah plastik bisa ditekan semaksimal mungkin.

Menurut Adil, penggunaan plastik yang sekarang banyak salah satunya di mall atau minimarket. Selain itu di sejumlah pasar tradisional. Untuk menerapkannya maka pemerintah akan menjalin komunikasi dengan pengelola pasar modern maupu koordinator di pasar tradisional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.