Santri Asal Jombang Dapat Beasiswa ke Thailand

JAKARTA, Harnasnews – Santri asal Jombang, Jawa Timur, Azizuddin Muhammad Nashafi kini tengah menempuh pendidikan magister lanjut doktor di Negeri Gajah Putih, Thailand. Aziz berhasil mendapatkan Petchra Pra Jom Klao Doctoral Scholarship, sebuah beasiswa penelitian bagi pelajar yang akan menuntaskan pendidikan magister dan doktoral secara “fast track’’.

Program beasiswa keluaran King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT) Bangkok, Thailand itu berhasil Aziz peroleh pada pertengahan tahun lalu, tepatnya Agustus 2021.

“Beasiswa include semua, full cover mulai dari monthly atau uang bulanan, tuition fee sampai asuransi juga ter-cover semua,” terang Aziz melansir laman NUonline pada Rabu (28/12/2022).

Informasi program beasiswa tersebut Aziz peroleh dari sang dosen. Rekomendasi dari dosen selama ia berkuliah Universitas Brawijaya tersebut diyakininya selaras dengan bidang keilmuan yang selama ini ia tekuni, yakni bioteknologi.

“Itu pendekatannya biologi dan teknologi. Jadi, bioteknologi yang khusus untuk menangani masalah pencemaran lingkungan,” ujar dia. 

Mendapatkan kesempatan emas melanjutkan studi sekaligus program magister dan doktoral di luar negeri tak dinyana berhasil ia dapatkan. Dirinya lantas membagikan tiga kiat sukses kuliah di negeri orang.

Pertama, mengenal kemampuan diri. Modal pertama ini, dianggapnya sebagai kunci untuk menentukan keputusan apa dan di mana tempat yang dinilai mendukung potensi yang dimiliki.

“Skillset pertama mengetahui kemampuan diri. Kemampuan kita oke dan bagusnya di mana,” jabar santri Pondok Pesantren Mambaul Khoirot, Jombang itu.

Kedua, spesifik dalam mencari informasi. Program beasiswa yang melimpah ruah, terkadang justru membuat seseorang keteteran untuk membuat keputusan dan menentukan pilihan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.